Peluang Trading Gold: Rabu, 22 Mei 2024

0
152
Emas Gold

Tren Gold (Emas): Konsolidasi/Sideway (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Harga emas hari ini diperdagangkan konsolidasi dengan bias negatif ringan kemungkinan karena pasar ‘Wait-and-see’ sambil menunggu notulen pertemuan FOMC bulan lalu dengan pendekatan yang hati-hati para pejabat Fed, sedikit membebani emas meski dolar AS turun ringan dan yield obligasi AS yang stabil.

Outlook:
Emas diperdagangkan di sekitar level 2419 Rabu, hari ini, setelah turun dari rekor tertinggi sepanjang masa pada hari Senin di tengah kehati-hatian pasar dan konsolidasi dolar AS.

Indeks dolar AS saat ini berada di sekitar level 104.09 setelah hanya mencatat kenaikan ringan kemarin. Yield obligasi AS 10 tahun di 4.41%, bertahan di sekitar area 4.40%.

Himbauan anggota Federal Reserve (Fed) bahwa bank sentral AS perlu lebih memastikan inflasi mereda sebelum memangkas suku bunga dan menekankan bahwa Fed kemungkinan akan pertahankan suku bunga tinggi untuk waktu lebih lama, dapat mendorong kenaikan dolar AS dan membebani emas.

Penurunan emas kemungkinan masih terbatas karena ketegangan perdagangan baru AS-RRT, konflik geopolitik Timur Tengah, dan permintaan yang kuat dari bank sentral dan pembeli Asia.

Fokus Pasar Hari Ini:
Hari ini, para trader akan memantau rilis data sektor perumahan AS sebelum fokus pasar risalah pertemuan FOMC, bersama dengan pidato Goolsbee dari the Fed.

Peluang Trading:
Emas konsolidasi dan cenderung melemah karena kehati-hatian para pelaku pasar menjelang rilis risalah pertemuan FOMC hari ini. Jika risalah pertemuan FOMC hari ini (kamis dini hari waktu Indonesia barat) menunjukkan Fed konsisten dengan sikap hawkish-nya, emas berpotensi lanjutkan penurunan. Namun, jika Fed masih menunjukkan kehati-hatian nya, emas berpotensi kembali naik menuju level 2440/2450. Konflik geopolitik Timur Tengah dan permintaan kuat emas juga masih menopang kenaikan emas.
Secara teknikal, grafik pada timeframe H1, memperlihatkan emas lanjutkan konsolidasi menjelang penutupan kemarin dengan bias negatif. Harga yang saat ini di bawah pivot dan Moving Average (MA)50, diikuti dengan Relative Strength Index (RSI) yang sedikit di bawah garis tengah (50), memperkuat koreksi emas dan kehati-hatian para pelaku pasar. Penurunan harga lebih lanjut, berpotensi membawa emas turun hingga ke level 2400. Sebaliknya, jika harga mendapat momentum, dan RSI kembali naik ke atas level tengah, emas berpotensi naik ke sekitar level 2430.
Pertimbangan BUY di level 2422, target profit 2426/2429 dan berpotensi naik ke area 2440.
Pertimbangan SELL di level 2410, target profit 2406/2403 dan berpotensi turun ke area 2390.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.