RBNZ Pertahankan Suku Bunga 5.50%, Kiwi Menguat

0
91
Reserve Bank of New Zealand

Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) mempertahankan suku bunga resmi (OCR) tetap stabil di 5,5% selama pertemuan kebijakan bulan Mei 2024, memperpanjang jeda suku bunga untuk ketujuh kalinya berturut-turut dan menegaskan ekspektasi pasar. Para pembuat kebijakan mencatat bahwa kebijakan moneter yang ketat telah mengurangi tekanan kapasitas dan mengurangi inflasi harga konsumen.

Meskipun inflasi umum di negara ini turun ke level terendah dalam tiga tahun terakhir yaitu sebesar 4% pada kuartal pertama tahun 2024, inflasi tersebut masih berada di atas kisaran target sebesar 1% hingga 3%. Oleh karena itu, komite percaya bahwa OCR perlu tetap berada pada tingkat yang ketat untuk memastikan inflasi kembali ke kisaran target dalam jangka waktu yang wajar.

Dolar Selandia Baru Menguat

Dolar Selandia Baru (NZD) atau yang dikenal dengan sebutan Kiwi naik di atas $0,612, atas keputusan dari Reserve Bank of New Zealand pasangan mata uang NZD/USD sempat menyentuh level tertinggi 0.61518, melewati level tertinggi minggu lalu 0.61398.