Peluang Trading Gold: Rabu, 8 Mei 2024

0
162

Tren Gold (Emas): Bearish (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas turun atas penguatan dolar AS yang masih dipengaruhi oleh data Nonfarm Payrolls AS bulan April akhir pekan kemarin yang lemah dan meningkatkan fokus pada potensi penyesuaian suku bunga The Fed di bulan September.

Outlook:
Harga emas menguat ringan setelah sempat tergelincir setelah pembukaan perdagangan sesi Asia, diperdagangkan di sekitar level di tengah penguatan indeks dolar AS dan rebound imbal hasil obligasi pemerintah AS.

Indeks dolar AS saat ini berada di sekitar level 105.40 lanjutkan kenaikan pekan ini. Sementara yield obligasi AS 10 tahun berada di angka 4.47%, berusaha pulih dari penurunan pekan ini dari angka 4.43% yang disentuh kemarin.

Minimnya data ekonomi AS penggerak pasar yang akan dirilis pekan ini membuat para investor fokus pada pernyataan para pejabat Federal Reserve (Fed) setelah laporan ketenagakerjaan AS pada hari Jumat lalu.

Pasca data tenaga kerja utama AS yang lemah, CME FedWatch Tool menunjukkan peluang pemangkasan suku bunga seperempat persentase poin di September naik dari 55% sebelum laporan menjadi 85%.

Fokus Pasar Hari Ini:
Investor hari ini akan mencari petunjuk dari pidato anggota FOMC Philip Jefferson dalam cara yang diselenggarakan oleh Federal Reserve sebelum rilis data Klaim Pengangguran Awal dan data awal Sentimen Konsumen Universitas Michigan pada hari Kamis.

Peluang Trading:
Secara fundamental, Investor akan mengambil lebih banyak petunjuk dari pernyataan pidato anggota FOMC hari ini setelah imbas data NFP dan tingkat pengangguran AS yang lemah masih memengaruhi sentimen pasar dan pergerakan dolar AS mengingat eskalasi konflik di Timur tengah.
Grafik pada timeframe H1, emas masih menguat ringan, berusaha pulih dari penurunan kemarin setelah rebound dari level bawah intraday hari ini di level 2306.77, sehingga masih ada potensi lanjutkan penurunan kemarin, didukung oleh harga tertahan di bawah Exponential Moving Average (EMA) 200, dan hanya sedikit di atas MA50 dan 100 yang bergerak relatif datar. Ini diperkuat dengan Relative Strength Index (RSI) yang bergerak naik namun tertahan di garis tengah. Penembusan harga ke atas MA200 dan diikuti dengan RSI menembus dan bertahan di atas level 50, emas berpotensi naik menuju level 2325 sebelum menuju 2030. Sebaliknya, penurunan kembali ke bawah MA100 berpotensi membawa emas turun menuju level support terdekatnya di 2306.02.
Pertimbangan SELL di level 2313, target profit di 2208/2306.
Pertimbangan BUY di level 2320, target profit di 2323/2325.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.