Peluang Trading Gold: Selasa, 21 Mei 2024

0
136

Tren Gold (Emas): Bullish (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas koreksi kenaikan dua hari terakhir dalam tren Bullish di bulan Mei ini menyusul indeks yield obligasi dan dolar AS yang pulih didorong oleh sikap hawkish pejabat Federal Reserve (Fed) hari Senin. Spekulasi penurunan suku bunga Fed, risiko geopolitik, dan permintaan yang kuat, masih mendukung emas.

Outlook:
Emas koreksi dan berada di sekitar level 2415, turun dari puncak sepanjang masa 2450.08 yang disentuh kemarin yang didorong oleh spekulasi penurunan suku bunga Fed, ketegangan geopolitik, serta permintaan kuat.

Koreksi emas terjadi imbas dari pemulihan indeks dolar AS yang saat ini di sekitar level 104.53, naik dari level bawah pekan ini di level 104.25 dan yield obligasi AS 10 tahun saat ini di 4.45%, melanjutkan kenaikan sejak Kamis minggu lalu dari angka 4.31%

Para pejabat Fed menjadi berita utama, menyusul pernyataan hawkish terkait suku bunga tinggi dan lebih lama dalam upaya memastikan bahwa inflasi akan mencapai 2%, yang mendorong dolar AS pulih.

Notulen FOMC akan menjadi sorotan pada hari Rabu. Lebih lanjut, sikap hawkish dari para pejabat the Fed kemungkinan akan mengangkat Greenback dan menyeret Emas yang diperdagangkan dalam dolar AS.

Fokus Pasar Hari Ini:
Kurangnya katalis baru dalam sesi yang sepi dalam hal data ekonomi papan atas dapat membatasi kenaikan logam mulia. Para trader emas akan mengambil lebih banyak isyarat dari pidato Fed, dengan Waller, Williams, Barr, Bostic, Collins, dan Mester dari Fed dijadwalkan berbicara pada hari Selasa.

Peluang Trading:
Emas kehilangan momentum, mengalami koreksi imbas pernyataan hawkish para pejabat Fed kemarin yang masih ingin mempertahankan suku bunga yang tinggi untuk waktu yang lama yang mendorong pemulihan dolar AS. Namun, konflik geopolitik di Timur Tengah yang masih berlangsung, ketidakpastian suku bunga dan permintaan emas yang kuat masih menopang kenaikan logam mulia tersebut.
Secara teknikal, grafik pada timeframe H1, memperlihatkan koreksi emas yang masih berada dalam tren kenaikan setelah turun dari level puncak sepanjang masa. Harga saat ini di bawah pivot dan terus turun sangat dekat dengan Moving Average (MA)50 yang diikuti dengan Relative Strength Index (RSI) yang turun di bawah garis tengah (50), dapat memperkuat koreksi emas. Penurunan harga lebih lanjut, berpotensi membawa emas turun hingga ke level 2390. Sebaliknya, jika emas kembali mendapat momentum, dan RSI kembali naik ke bawah level tengah, emas berpotensi naik menuju ke sekitar level 2430.
Pertimbangan BUY di level 2416, target profit di 2423/2426 dan berpotensi naik lebih lanjut ke area 2440.
Pertimbangan SELL di level 2403, target profit di 2397/2394 dan berpotensi turun hingga ke level 2490.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.