Peluang Trading USDJPY: Rabu, 27 Maret 2024

0
137

Tren USDJPY: Bullish (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
USDJPY berpotensi naik menuju level 152.00 di tengah terpuruknya yen Jepang atas ketidakpastian langkah kebijakan Bank of Japan (BoJ) di masa depan yang terus melemahkan yen dan dolar AS yang mempertahankan tren kenaikan sehingga semakin mendorong penguatan USDJPY.

Outlook Fundamental:
Meski menaikkan suku bunga untuk pertama kali sejak 2007, BoJ memberikan nada dovish di pertemuan kebijakan bulan Maret tanpa petunjuk kebijakan di masa depan yang membuat yen terpuruk meskipun intervensi verbal dari otoritas Jepang membatasi penurunan lebih lanjut.

USDJPY diperdagangkan di sekitar level 151.90 atas melemahnya yen Jepang selama tiga hari dan kenaikan indeks dolar yang saat ini berada di sekitar level 104.08 yang didorong oleh stabilnya yield obligasi AS.

Dolar AS terus mendapat dukungan dari prospek optimis ekonomi AS dan keraguan apakah Federal Reserve (Fed) akan memangkas suku bunga sebanyak tiga kali tahun ini di tengah inflasi yang masih tinggi.

Sementara itu, data Durable Goods Orders yang tumbuh 1,4%, di atas perkiraan bulan Februari dan Indeks Kepercayaan Konsumen AS Conference Board turun tipis dari angka 104,8 di bulan lalu menjadi 104,7 di Maret, tidak memberikan pengaruh signifikan untuk dolar AS.

Fokus Pasar Hari Ini:
Tidak ada data ekonomi AS yang memengaruhi pergerakan pasar hari ini, para investor kemungkinan akan memantau pergerakan di pasar obligasi dan ekuitas menjelang data Indeks Harga Konsumsi dan Pengeluaran Pribadi (PCE) AS pada hari Jumat.

Peluang Trading:
Sejauh ini, faktor fundamental mendukung kelanjutan kenaikan USDJPY, yang ditopang oleh menguatnya yield obligasi dan indeks dolar AS. Kenaikan lebih lanjut kedua aset tersebut, mendukung pasangan Safe haven ini lanjutkan kenaikan menuju level 152.00. Namun tetap perlu waspadai pergerakan pasar yag stagnan karena kehati-hatian investor menjelang rilis data Core PCE Price Indeks AS.
Secara teknikal, grafik pada timeframe H1 menunjukkan USDJPY masih dalam tren Bullish dan berpotensi melanjutkan kenaikan menuju level 151.90 sebelum menembus level psikologis 152.00. Harga saat ini masih cukup jauh di atas Moving Average (EMA), yang menunjukkan USDJPY masih dalam tren Bullish meski Relative Strength Index saat ini bergerak turun ke bawah garis Overbought. Jika harga lanjutkan penurunan ke bawah level 151.60, USDJPY berpotensi koreksi menuju level Pivot di level 151.45.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 151.87 dengan target profit di level 151.95 – 151.02.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 151.59 dengan target profit di level 150.51 – 150.45.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.