Peluang Trading Gold: Rabu, 27 Maret 2024

0
125

Tren Gold/Emas: Sideway Bias Bullish (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas konsolidasi di rentang harga minggu ini di tengah fluktuasi indeks dolar dan yield obligasi AS yang stabil di bawah 4.25%. Data Pesanan Barang Tahan Lama AS yang tinggi dan Kepercayaan Konsumen yang lebih rendah mempengaruhi sentimen di tengah ketidakpastian penurunan suku bunga Fed.

Outlook Fundamental:
Emas bergerak terbatas di rentang harga minggu ini, diperdagangkan di sekitar level 2.178 setelah kemarin gagal kembali menembus level 2.200. Greenback memperpanjang pemulihan sementara penurunan yield obligasi AS mempertahankan emas di zona hijau.

Indeks Dolar AS menguat ringan di level 104,30, menghambat kenaikan emas meski yield obligasi 10 tahun AS saat ini berada di angka 4,24%, tertahan di bawah 4.25% dan menjadi faktor penguatan emas.

Data Pesanan Barang Tahan Lama AS naik ke level tertinggi sejak 2022. Sementara, data Kepercayaan Konsumen AS yang sentuh level terendah empat bulan di bulan Maret, tidak memengaruhi dolar AS.

Para investor saat ini sedang menunggu rilis data parameter inflasi pilihan Federal Reserve, Core PCE Price Indeks. Dengan indeks tahunan diperkirakan tumbuh 2,8% di Februari, dan angka bulanan diperkirakan turun dari 0,4% menjadi 0,3%.

Fokus Pasar Hari Ini
Tidak ada data ekonomi AS yang memengaruhi pergerakan pasar hari ini, para investor kemungkinan akan memantau pergerakan di pasar obligasi dan ekuitas menjelang data Indeks Harga Konsumsi dan Pengeluaran Pribadi (PCE) AS pada hari Jumat.

Peluang Trading:
Ketidakpastian kapan the Fed akan mulai menurunkan suku bunga, lebih memengaruhi sentimen pasar dan diyakini menjadi salah satu faktor utama yang mendukung kenaikan emas, dengan melemahkan yield obligasi. Namun, pasar masih berhati-menjelang rilis data PCE Core Price Indeks AS pada hari Jumat.
Grafik pada timeframe H1 emas terlihat bergerak terbatas dan kembali berada dalam rentang harga pekan ini. Harga bergerak tidak jauh di atas lintasan Exponential Moving Average (EMA) 50 dan 100 yang menunjukkan tren sideway emas saat ini dengan bias Bullish. Relative Strength Index yang bergerak sedikit di atas garis tengah, memperkuat tren sideway emas jangka pendek. Kenaikan emas menembus level pivot di level 2.181, berpotensi membawa emas lanjutkan kenaikan menuju level 2.190. tetap waspadai potensi koreksi jika harga menembus ke bawah EMA100 yang berpotensi membawa emas turun menuju level 2.160.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.182 dengan target profit di level 2.188 hingga 2.192.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 2.170 dengan target profit di level 2.164 hingga 2.161.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.