Pembentukan Pemerintahan Baru Jepang Runtuhkan Pasar Saham

Pasar saham Jepang kehilangan kenaikan di awal perdagangan sesi Senin dan melemah, isyarat positif dari penutupan yang kuat di Wall Street tertutup oleh kekhawatiran atas krisis utang China Evergrande. Sementara perdana menteri baru Jepang menyerukan pemilihan yang lebih cepat dari perkiraan.

Indeks saham Nikkei turun 1,13% ditutup pada level 28.444,89, dengan saham teknologi dan pengiriman memimpin penurunan. Sebelumnya di sesi, indeks Nikkei naik sebesar 1,16% setelah mengalami penurunan dalam lima sesi berturut-turut. Indeks Topix, yang lebih luas, mencatat penurunan 0,62% di level 1.973,92.

Pasar mulai jatuh tepat setelah mencapai level tertinggi untuk sesi tersebut. hal ini kerap terjadi ketika tekanan jual kuat. Saat ini pasar menghadapi kesulitan tiga kali lipat, dengan tanda-tanda perlambatan ekonomi China dan masalah anggaran AS. Yang terbaru, kecemasan atas kebijakan moneter dari kabinet baru Jepang, tidak seperti Abenomics yang mendapat sambutan positif.

Krisis utang Evergrande terus menimbulkan keraguan atas kelanjutan pertumbuhan ekonomi China, sementara nasib anggaran belanja utama pemerintahan Biden juga masih belum memberikan kejelasan.

Di Jepang, Fumio Kishida secara resmi menjabat sebagai perdana menteri ke-100 pada hari Senin, tetapi saluran televisi NHK mengatakan dia akan membubarkan badan tersebut minggu depan dan mengadakan pemilihan pada 31 Oktober. Anggota kabinet barunya akan diumumkan hari ini, meski sejauh ini, Kishida telah gagal untuk mengesankan investor, kata pelaku pasar.

Produsen peralatan pembuat chip Tokyo Electron paling banyak menyeret indeks Nikkei, dengan penurunan 3,6%. Investor start-up teknologi SoftBank Group turun 2,52% dan pembuat robot Fanuc merosot 4,31%. Saham pengirim anjlok 7,6%, dengan Kawasaki Kisen dan Nippon Yusen masing-masing mencatat penurunan 8,42% dan 8,07%.

Maskapai penerbangan dan kereta api memimpin kenaikan di antara 33 subindeks industri di bursa Jepang, yang masing-masing mencatat kenaikan 2,39% dan 2,19%. Operator department store naik setelah Jepang mencabut langkah darurat COVID-19 minggu lalu, dengan Isetan Mitsukoshi Holdings naik 5,04% dan J.Front Retailing naik 5,34%.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.