Pemulihan Ekonomi Zona Euro Cenderung Melambat di Bulan Mei

JAVAFX – Kamis(23/5/2019), pertumbuhan di beberapa wilayah zona euro telah memperlihatkan adanya hambatan pemulihan ekonomi baik di sektor aktivitas jasa, manufaktur dan iklim bisnis.

Pada ekonomi terkuat nomor satu di zona euro, Markit telah melaporkan bahwa indeks aktivitas manufaktur Jerman telah mengalami penurunan, yang disesuaikan menjadi 44.3 di bulan Mei dari sebelumnya berada di level 44.4. Sedangkan untuk indeks aktivitas jasa di wilayah Jerman juga terpantau turun menjadi 55.0 di bulan Mei dari periode sebelumnya berada di level 55.7.

Gold Trading

Selang 30 menit kemudian, tepatnya pada pukul 15.00 WIB, Markit melaporkan bahwa indeks aktivitas manufaktur zona euro terpantau turun menjadi 47.7 di bulan Mei dari 47.9 di periode sebelumnya. Sementara untuk indeks aktivitas jas di zona euro juga tercatat alami penurunan menjadi 52.5 di bulan Mei dari 52.8 pada bulan sebelumnya.

Selanjutnya, diwaktu yang bersamaan Institute for Economic Research melaporkan bahwa indeksi iklim bisnis di wilayah Jerman telah mengalami penurunan yang disesuaikan secara musiman menjadi 97.9 pada bulan Mei dari periode sebelumnya yang berada pada level 99.2.

Mereaksi beragam laporan fundamental ekonomi zona euro dan Jerman tersebut, pergerakan EURUSD sewaktu berita ini dibuat terpantau turun 0.14% dengan diperdagangkan pada level 1.1135. Lalu bagaimana pergerakan EURUSD secara teknikal pada sesi Eropa, klik link di bawah ini :

Teknikal Updates Forex EURUSD Sesi Eropa, 23 Mei 2019