Penerapan Dan Penggunaan Fibonacci Saat Trading

Cara Menggunakan Alat Ekspansi Fibonacci Saat Trading

Fibonacci Extension, seperti halnya Fibonacci retracement, menggunakan angka dan rasio Fibonacci saat memetakan level support dan resistance potensial selanjutnya. Extension ini adalah alat yang berguna saat mengantisipasi kelanjutan tren setelah retracement dari pergerakan awal yang kuat dan dapat diterapkan ke pasar mana pun.

Penjelasan Fibonacci Extension

Artikel ini terbentuk atas pengetahuan dasar Fibonacci Retracements dan angka Fibonacci secara umum. Kami sangat menyarankan Anda untuk membaca rangkaian artikel Fibonacci pada modul edukasi Fibonacci kami agar anda dapat memahami konsep-konsep Fibonacci itu sendiri.

Fibonacci Spiral Menyoroti Angka Fibonacci Kunci dan Rasio 1,618

Ketika secara umum Fibonacci Retracements digunakan untuk menentukan seberapa jauh harga dapat menelusuri kembali pergerakan aslinya, Fibonacci Expansions justru dapat membantu kita menentukan ke mana arah harga setelah retracement selesai.

Menerapkan Fibonacci Extension Pada Grafik Harga

Fibonacci Expansion atau Fibonacci Extension dapat diterapkan pada grafik harga dalam tiga langkah sederhana. Setelah menentukan instrumen Fibonacci, Anda perlu mengeklik tiga titik pada grafik dalam urutan berikut:

Dalam tren naik, titik referensi Anda adalah level bawah (A), atas (B), bawah (C). Begitu juga saat tren turun, titik referensi Anda adalah atas (A), bawah (B), atas (C).

Dasar dari gerakan utama besar: Titik ‘A’ yang ditunjukkan pada grafik DXY di bawah ini, menggambarkan dasar gerakan asal/utama
Puncak dari pergerakan utama: Titik ‘B’ menggambarkan puncak dari pergerakan utama dan awal dari retracement.
Akhir dari retracement – swing low: Titik ‘C’ menandai akhir dari retracement dan yang terakhir dari tiga poin untuk alat ekstensi Fibonacci. Titik ‘C’ ditandai dengan tingkat kepercayaan yang wajar berdasarkan pergerakan kuat ke arah pergerakan utama yang ditunjukkan oleh candle hijau panjang   Gerak primer: Garis yang menghubungkan titik A ke titik B, yaitu garis AB.   Retracement: Garis BC   Kelanjutan tren: Mulai dari titik C dan memproyeksikan ekstensi Fibonacci dari kemungkinan level support / resistance ke arah tren utama.  

Cara Menerapkan Fibonacci Extension Saat Transaksi

Bagan di bawah ini menunjukkan level/rasio Fibonacci standar serta titik ‘D’ yang telah ditambahkan untuk menggambarkan kemajuan 100% atau ‘perpanjangan’ dari garis retracement bawah BC dalam arah pergerakan utama. Garis CD sama panjang dengan garis AB.

Mari lihat lebih dekat, ada level atau zona yang lebih luas pada grafik di bawah ini di mana harga berhenti di dekat level Fib yang bertindak sebagai support atau resistance. Yang paling penting adalah level 61,8% – level ini dapat memberikan area support atau resistance yang potensial untuk aksi harga di masa depan dan harus dipantau secara ketat.

Misalnya, trader bullish memasuki pasar sesaat setelah ayunan rendah di C kemungkinan menuju ke level 61,8% sebagai titik keluar awal sedangkan perpanjangan 100% (titik D) dapat berfungsi sebagai indikasi titik keluar sekunder. Sering kali koreksi tren harga berbentuk dua kaki yang sama dan dengan demikian, setelah harga teridentifikasi jenis pada ekstensi 100%, fokus beralih ke arah support awal kembali pada ekstensi 61,8%. Grafik berikutnya menunjukkan harga rebound dari tanda ini pada penurunan kembali karena ekstensi menawarkan support. Ingat, bahwa ekstensi harus digunakan seperti garis tren dasar – jika level support ditembus maka akan mengubahnya menjadi level resistance begitu juga sebaliknya.

Trader harus mencari entri sesuai arah tren, kecuali jika price action menunjukkan sebaliknya, maka dimasukkannya perdagangan panjang dalam contoh ini. Tetapi jenis analisis ini berlaku sama untuk sisi pendek pasar.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.