Penerapan Fibonacci Pada Pasar Keuangan

Mungkin Anda pernah melihat atau mendengar kata-kata “Fibonacci”. Kata ini kerap muncul dalam dunia trading, termasuk perdagangan Forex. Angka Fibonacci adalah angka yang disusun menurut rumus tertentu untuk membuat urutan numerik yang unik. Di dalam urutan terletak ‘Rasio Emas’ 1,618, yang sering muncul di seluruh alam semesta dan juga digunakan secara luas dalam analisa teknikal, bersama dengan angka dan rasio Fibonacci lainnya, untuk membantu mengidentifikasi area support dan resistance.

Fibonacci Retracement

Dasar Fibonacci, Penerapan Di Alam Sekitar Kita

Angka Fibonacci mendapatkan namanya dari ahli matematika Italia yang menemukannya, yaitu ‘Leonardo Fibonacci’ pada abad ketiga belas. Sementara bukunya berjudul “Liber Abaci” memperkenalkan urutan angka ke dunia Barat, jejaknya dapat ditemukan sejak 200 SM dalam matematika suku Indian.

Urutan angka dimulai dengan 1 dan setiap angka dalam urutan dapat diperoleh dengan menambahkan dua angka sebelumnya dalam urutan.

Deret Fibonacci: 0,1,1,2,3,5,8,13,21,34,55,89,144,233,377,610,987,1597,2584,4181,765,1094,17711

Fibonacci Pada Alam:

Biji bunga matahari memiliki pola susunan spiral yang sangat unik. Kemudian pada bagian matematika, kita membahas fitur spiral dari deret Fibonacci. Juga, bunga matahari cenderung memiliki total 34 spiral, angka Fibonacci.

Golden sunflower close up (Nature and Landscapes) sunflower,yellow,spiral,plant,nature,flower

Contoh lainnya, pola cuaca ekstrim cenderung membentuk spiral, oleh karena itu, strukturnya terdiri dari Fibonacci.

Contoh lain di mana angka Fibonacci dapat diamati, termasuk: musik, seni (pada lukisan Mona Lisa), arsitektur dan biologi. Coba Anda perhatikan tangan Anda dan lihat bahwa Anda mungkin memiliki delapan jari, lima jari di setiap tangan, tiga tulang di setiap jari, dua tulang di masing-masing satu ibu jari dan satu ibu jari di setiap tangan (8, 5, 3, 2, 1, 1).

Fibonacci: Matematika

Diagram di bawah ini menunjukkan representasi visual dari spiral Fibonacci, yang sering terlihat di alam, ketika menerapkannya untuk perhitungan area. Misalnya, spiral dimulai dari dalam kotak 1×1 (angka Fibonacci pertama adalah 1), kemudian pindah ke kotak 1×1 lainnya (angka Fibonacci kedua juga 1), sebelum pindah ke kotak 2×2 (angka Fibonacci ketiga) dan begitu seterusnya. Spiral terlihat saat menghubungkan setiap kotak tambahan dengan menggambar garis melengkung melalui diagonal setiap kotak baru.

Angka Fibonacci sendiri cukup signifikan, namun ketika menganalisis rasio yang ada di antara urutan angka tak terbatas, nilai sebenarnya dari Fibonacci menjadi jelas.

Rasio Emas:

Pilih angka secara acak dalam urutan dan bagi dengan angka sebelumnya dan jawabannya adalah 1,618, atau mendekati angka ini untuk angka dari 1 hingga 55 dalam urutan. Hal ini sering disebut dengan huruf Yunani φ “Phi”.

Contoh:

a/b =

17711/10946 = 1,61803

6765/4181 = 1,61803

21/13 = 1,6154 (sedikit di bawah perkiraan untuk angka 55 dan lebih rendah)

Penerapan Fibonacci Pada Pasar Keuangan

Sementara penerapan Fibonacci di alam membuat para mahasiswa matematika menjadi sangat sibuk, para trader justru memiliki masalah yang lebih mendesak: Menerapkan studi ke pasar keuangan. Dalam bentuknya yang paling umum, Fibonacci menggunakan rasio yang relevan secara matematis untuk memproyeksikan kemungkinan area/zona support dan resistance.

Lihat grafik harian USD/SGD di bawah ini sebagai contoh di mana instrumen Fibonacci retracement telah diterapkan pada pergerakan signifikan (bawah ke atas). Untuk mengurangi kekacauan pada grafik, Anda hanya akan melihat penanda 0, 38.2, 50, 61,8 dan 100 persen yang ditampilkan.

Dari puncak, alat gambar menunjukkan ‘aksi harga’ berjuang untuk membuat penembusan terarah yang jelas di bawah level 38,2% – kebalikan dari 61,8% (1 – 0,618). Harga hanya berada di sekitar sampai penembusan yang menentukan menuju level 61,8% yang bertindak sebagai support.

Contoh ini menunjukkan bagaimana level 38,2 dan 50 persen kurang signifikan dibandingkan level 61,8% – yang bertindak sebagai level support utama. Sementara level Fibonacci tidak sempurna, yang berarti aksi harga dapat bergerak melalui level yang ditentukan, ini masih merupakan indikator yang sangat berguna yang mengungkapkan di mana pasar tertentu mungkin mengalami support dan resistance atau berkonsolidasi sebelum menembus tren baru.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.