Penguatan Harga Emas Dipertanyakan Kembali

0
73

JAVAFX – Berita komoditas di hari Kamis(26/10/2017), penguatan harga emas dipertanyakan kembali pada perdagangan sore hari ini, menjelang rapat suku bunga European Central Bank dan rilisnya data klaim pengangguran mingguan AS nanti malam membuat investor untuk sementara memarkir belanja investasinya.

Emas juga menantikan situasi rapat suku bunga ECB yang akan dilaksanakan nanti malam. Bila memang paket stimulus ESM jadi untuk dikurangi, maka ada kesempatan bagi emas untuk menguat lebih mendekati level psikologis $1300 pertroy ouncenya. Konsekuensinya adalah unsur pemangkasan antara €25 milyar hingga €40 milyar yang rencananya akan dilakukan oleh Mario Draghi. Jikalau lebih besar dari angka diatas, maka emas makin berkilau, namun bila lebih kecil dari diantara angka tersebut, maka emas bisa tertahan kekuatannya.

Hal inilah yang membuat harga emas kontrak Desember di bursa berjangka New York Mercantile Exchange divisi Comex untuk sementara bergerak menguat $0,01 atau 0,04% di level $1279,00 pertroy ounce. Untuk harga perak kontrak Desember di Comex untuk sementara bergerak menguat $0,05 atau 0,12% di level $16,98 pertroy ounce.

Sebelumnya kepastian Trump yang akan memilih John Taylor sebagai ketua the Fed berdasar masukan dari anggota Senat AS yang berasal dari GOP, nampaknya tidak membuat emas langsung bersikap jual. Sosok keterpilihan Powell menurut pasar adalah sosok yang kurang hawkish atau kurang berani terhadap kenaikan suku bunga dibandingkan John Taylor yang memang berjiwa sangat hawkish dan disukai pasar pada umumnya.

Namun menurut para ekonom dunia, Powell adalah sosok ideal bagi the Fed saat ini. The Fed saat ini membutuhkan sosok ketua yang dapat meredam segala gejolak yang ada. Seperti kita ketahui dengan kabar tersebut, maka dapat dipastikan bila Taylor naik jadi ketua the Fed, maka harga emas segera siap-siap alami tekanan demi tekanan harganya. Sejauh ini, keterangan resmi dari Trump belum ada, namun yang pasti ada 3 calon kuat yaitu Yellen, Powell dan Taylor.

Selain itu pengaruh pengajuan rancangan undang-undang reformasi pajak yang akan diserahkan awal bulan depan, sepertinya sedikit terkendala oleh anggota GOP yang sedang saling silang pendapat mengenai draft reformasi tersebut. Inilah yang membuat emas tidak terlalu tertekan sore ini, sambil menantikan data klaim pengangguran mingguan AS. Menurut juru bicara GOP bahwa sebelum Thanksgiving reformasi pajak dijadwalkan sudah bisa segera dilaksanakan.

Hati-hati juga dengan klaim pengangguran AS, bila masih dibawah angka 240 ribu klaim, maka emas bisa melemah, namun bila angka klaim diatas 240 ribu maka ada kesempatan emas bisa melejit lagi

Sumber berita: Reuters, Investing, Kitco, Bloomberg, BBC
Sumber gambar: Guardian