Peningkatan Permintaan Minyak Bumi Terus Naikkan Harga Mendekati $60 Perbarel

Pandemi Covid-19 yang menyebabkan Lockdown pertama kali di lakukan di banyak negara pada Maret tahun lalu telah membuat pemintaan minyak bumi anjlok tajam sekitar 20%, sementara persediaannya membludak. Harga minyak WTI sempat jatuh ke area negatif yang merupakan pertama kalinya sepanjang sejarah. Namun mulai keluarnya Cina sebagai pengimpor minyak bumi terbesar kedua di dunia dari pandemi Covid-19 telah membuat permintaan minyak bumi kembali meningkat dan kembali naikkan harga minyak bumi.

Setelah terdongkrak naik oleh permintaan dari Cina, harga minyak bumi semakin naik setelah India menghentikan lockdownnya yang membuat permintaan India akan minyak bumi semakin meningkat untuk aktivitas ekonomi mereka. Permintaan minyak bumi lebih di topang naiknya permintaan dari kawasan Asia, sementara kawasan Eropa sibuk melakukan lockdown karena naiknya penyebaran virus Covid-19 dan juga karena adanya varian baru di Inggris.

Naiknya permintaan minyak bumi juga di karenakan terjadinya pergeseran perilaku konsumen dengan makin banyaknya belanja E-commerce karena “work from home”. Pesatnya pertumbuhan E-Commerce membuat meningkatnya permintaan plastik dan bahan untuk pengepakan lainnya yang merupakan hasil produksi atau turunan dari minyak bumi. Di samping naiknya permintaan minyak bumi, penyebab harga minyak bumi terus meningkat karena negara-negara OPEC tetap membatasi produksi dengan sepakat memangkas produksinya sebesar 10% dari output Global. Saat ini pemotongan baru di lakukan sebesar 8% dari output Global pada Agustus tahun lalu. Arab Saudi bahkan secara sukarela memangkas produksinya sebesar satu juta barel perhari (bph) pada bulan Februari dan Maret tahun ini untuk mempertahankan defisit di pasar.

USDOIL hari ini mencapai posisi tertingginya di level $57.64 per barel dan di prediksi akan terus mendekati level $60.00 perbarel.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Gedung Putih: Biden, PM Irak bahas serangan roket baru-baru ini

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi membahas serangan roket baru-baru ini terhadap Irak dan pasukan koalisi dalam sambungan...

Dolar Terbenam Dekat Terendah Enam Minggu Jelang Fed Powell

Dolar masih dalam penurunan mendekati level terendah enam minggu pada hari Selasa sementara mata uang komoditas bergerak di sekitar tertinggi multi-tahun, karena fokus investor...

Biden akan minta pertanggungjawaban Saudi atas pelanggaran HAM

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengungkapkan bahwa dia akan meminta pertanggungjawaban Arab Saudi atas pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Hal tersebut diungkapkan Biden saat...

FDA: Satu Suntikan Vaksin Johnson & Johnson Cukup Melawan COVID-19

Pemerintah Amerika menetapkan bahwa satu suntikan vaksin Covid-19 buatan Johnson & Johnson aman dan memberikan perlindungan parsial terhadap penyakit itu. Dalam analisa yang dirilis hari...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502