Penjualan Ritel Australia Meningkat

0
136
Penjualan Ritel

JAVAFX – Berita ekonomi di hari Kamis(11/1/2018), memperlihatkan bahwa penjualan ritel di wilayah Australia tengah mengalami kenaikan pada bulan November.

Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Biro Statistik Australia menyebutkan bahwa penjualan ritel di bulan November 2017 telah mengalami kenaikan sebeasr 1.2%, ketika mengalami kenaikan 0.5% di bulan Oktober. Survei ekonom memperkirakan bahwa penjualan ritel Australia akan mengalami kenaikan sebesar 0.4% di bulan November.

Peningkatan tajam yang mendongkrak tingginya angka penjualan ritel di wilayah Australia telah dipimpin oleh barang – barang kebutuhan rumah tangg, dimana naik sebesar 4.5%. Sedangkan untuk barang ritel lainnya terpantau naik 2.2%.

Direktur dari Quarterly Economy Wide Survey, Ben James mengatakan bahwa musim penjualan keduanya telah dipengaruhi oleh peluncuran iPhone X dan dipacu oleh peningkatan promosi di bulan November, termasuk diskon “Black Friday”.

Selanjutnya, penjualan ritel berupa pakaian juga mencatat peningkatan di bulan November, dimana naik sebesar 1.6%, disusul dengan makanan di cafe atau restoran yang meningkat sebesar 0.4%. Selain itu, adapun hambatan yang terjadi dalam membatasi peningkatan penjualan ritel di Australia, dimana penjualan di departement stores telah mengalami penurunan sebesar 1.1%.