Penjualan Ritel Jerman Merosot di Awal Kuartal Ketiga

Penjualan ritel Jerman turun pada bulan Juli, jauh lebih buruk dari yang diperkirakan setelah pada dua bulan sebelumnya meningkat tajam, data menunjukkan pada hari Rabu. Ini menjadi tanda pertama bahwa pemulihan yang didorong oleh konsumen di negara ekonomi terbesar Eropa mungkin kehilangan tenaga pada kuartal ketiga.

Kantor Statistik Federal mengatakan penjualan ritel turun 5,1% pada bulan tersebut secara riil setelah kenaikan yang direvisi 4,5% pada bulan Juni dan 4,6% pada bulan Mei. Data pada Juli ini juga jauh meleset dari perkiraan Reuters untuk penurunan 0,9%.

Perbandingan bulanan sangat terdistorsi oleh pencabutan pembatasan COVID-19 untuk berbelanja di sebagian besar negara pada Juni, kata kantor statistik.

Kantor statistisk menambahkan, pPenjualan ritel – indikator volatil yang sering mengalami revisi – turun tipis 0,3% secara riil per tahun. Dibandingkan dengan Februari 2020, bulan sebelum krisis akibat virus corona melanda Jerman, penjualan ritel naik 3,8%.

Ekonomi Jerman kembali tumbuh pada kuartal kedua tetapi kembali melemah dibandingkan negara-negara zona euro lainnya karena hambatan rantai pasokan yang memperlambat output industri.

Permasalahan pada supply dbahan baku dan barang setengah jadi, ditambah peningkatan kasus COVID-19 karena varian Delta yang lebih menular, meredupkan pandangan perusahaan terhadap kondisi beberapa bulan mendatang.

Sementara itu, Analis Bankhaus, Lampe Alexander Krueger masih cukup yakin bahwa penjualan ritel akan membaik dalam beberapa bulan mendatang, dengan kuatnya pasar tenaga kerja dan banyak perusahaan yang mengurangi skema kerja jangka pendek yang diberlakukan selama pandemi.

Namun, dukungan keseluruhan untuk ekonomi dari belanja rumah tangga diperkirakan akan lebih lemah pada kuartal ketiga daripada yang diharapkan banyak orang, tambahnya.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.