Perang Dagang Efektif Memperlambat Ekonomi Amerika Serikat

JAVAFX – Pertarungan perdagangan dengan China menimbulkan lebih banyak masalah yang membawa pada melambatnya ekonomi Amerika Serikat (AS). Dalam paparan data ekonomi terkini, indikator ekonomi terkemuka turun untuk 2 bulan berturut-turut, menunjukkan pertumbuhan AS yang lebih lambat. Indeks ekonomi terkemuka tergelincir 0,1% pada September dan jatuh untuk bulan kedua berturut-turut, Conference Board yang dikelola swasta disampaikan pada Jumat (18/10/2019).

Angka-angka ini mengisyaratkan pertumbuhan ekonomi AS tumbuh lebih lambat pada bulan September dan kemungkinan akan tetap lunak di bulan-bulan mendatang, menurut sebuah indeks yang mengukur kesehatan ekonomi negara. Indeks jatuh terutama karena melemahnya sektor manufaktur Amerika, dimana penjualannya semakin menderita akibat ekspor yang lamban dan gangguan dalam rantai pasokan mereka yang disebabkan oleh perang dagang AS dengan China.

Secara garis besar,perang dagang AS-China telah melukai dua kekuatan ekonomi terbesar dunia ini. Dimana kerusakan yang menyebar ke negara-negara lain di seluruh dunia. Kebuntuan terkait keluarnya Inggris dari Uni Eropa telah menambah masalah. Kerusakan sudah cukup untuk mendorong AS dan China untuk melanjutkan negosiasi, tetapi masih belum jelas apakah ada cukup konsensus bagi kedua negara untuk mencapai kesepakatan. Pertengkaran kemungkinan akan tetap menjadi hambatan pada ekonomi global sampai ada penurunan tajam dalam ketegangan.

Diakhir pekan, Indek Dow Jones dan S&P 500 turun sedikit paska pengumuman data ekonomi ini di awal perdagangan hari Jumat, tetapi tetap dekat tertinggi sepanjang masa. Imbal hasil Obligasi tenor 10-tahun naik tipis menjadi 1,76%. Imbal hasil telah jatuh sekitar 45% dalam satu tahun terakhir . Bentang menyempit antara suku bunga AS jangka pendek dan jangka panjang – seringkali merupakan pendahulu bagi resesi – adalah hal negatif lainnya. (WK)

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Sterling Masih Berpeluang Rebound Terhadap Euro dan Dolar

Pound Inggris tengah berupaya menemukan kembali jalur apresiasi yang diikutinya dalam tiga bulan pertama tahun 2021, dengan konsolidasi beberapa hari terakhir ini berpotensi memberikan peluang rebound.

Indeks Sentimen Ekonomi ZEW Jerman Meleset Dari Perkiraan

Laporan utama ZEW Jerman untuk bulan April menunjukkan bahwa Indeks Sentimen Ekonomi Jerman turun menjadi 70,7 versus jauh di bawah ekspektasi untuk kenaikan 79,0 dan di bawah laporan terakhir di angka 76,6.

Fix, Emas Makin Dekat Ke 1800

JAVAFX - Harga emas sangat antusias untuk mengejar kembali kenaikannya, dimana secara teknis akan menemui hambatan yang keras pula. Penguatan kembali imbal hasil Obligasi...

Dolar Tertekan Oleh Yield Treasury Yang Lebih Rendah, Investor Fokus Data Inflasi

Dolar tertekan di dekat posisi terendah 2-1 / 2 minggu terhadap mata uang utama lainnya pada hari Senin karena penurunan imbal hasil Treasury menahan...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502