Perdagangan Emas: Penggerak Harga Emas

Selama ribuan tahun, Emas telah diagungkan karena daya tarik fisik dan ekonominya, menjadi salah satu aset safe-haven (lindung nilai) paling populer.

Artikel ini akan membahas Emas sebagai investasi dan sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan dan akan mengeksplorasi pendorong utama aksi harga.

Emas Sebagai Investasi

Dalam sejarah kuno, emas sangat diminati oleh banyak orang karena keindahan yang unik dan kelangkaannya, menjadikannya komoditas yang sangat diinginkan serta simbol, dan akhirnya menjadi penyimpan kekayaan. Namun, seiring berjalannya waktu, standar emas diadopsi sebagai bentuk mata uang global dan sekarang, meskipun sistem mata uang fiat telah menggantikannya secara keseluruhan, emas terus memegang nilai intrinsik dan ekonomi, menjadikannya investasi populer di pasar keuangan.

Seperti yang telah dibahas pada artikel apa itu emas, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya sebagai investasi antara lain:

  • Penawaran dan permintaan

Meskipun sebagian besar komoditas tunduk pada penawaran dan permintaan, emas hampir selalu diminati, baik untuk perhiasan, keperluan industri atau sebagai bentuk mata uang safe-haven.

Beberapa karakteristik unik yang berkontribusi pada kesuksesan emas termasuk kelangkaannya, keuletannya dan kemampuannya menahan korosi, menjadikannya logam serbaguna dengan banyak kegunaan. Namun, permintaan emas juga sebagian besar dikaitkan dengan kemampuannya untuk mempertahankan nilai selama periode tekanan finansial.

Selama kemerosotan ekonomi, permintaan emas sebagai lindung nilai inflasi sering meningkat, menegaskan daya tariknya sebagai safe haven. Terkait dengan pasokan, setelah emas ditambang dan melalui proses pengolahan, karena ketahanannya terhadap korosi, emas tetap tersedia, diubah menjadi emas batangan, koin, perhiasan, dll.

  • Peraturan Pemerintah

Tidak seperti uang kertas, emas adalah komoditas fisik yang tidak memiliki risiko gagal bayar dan tidak terpengaruh oleh kebijakan pemerintah. Selama periode ketidakpastian ekonomi seperti krisis keuangan atau ketidakstabilan politik, bank sentral dapat melakukan intervensi dengan menurunkan suku bunga atau mencetak lebih banyak uang, yang menyebabkan kenaikan inflasi dan depresiasi mata uang. Meskipun hal ini dapat mengakibatkan hilangnya daya beli uang kertas, emas dapat digunakan sebagai lindung nilai inflasi, menjadikannya investasi yang populer selama masa-masa ini.

  • Dolar Amerika

Karena emas umumnya diperdagangkan terhadap Dolar AS, perubahan mata uang cenderung memiliki dampak langsung pada harga emas. Dolar yang lebih kuat umumnya membuat emas lebih mahal untuk dibeli oleh negara lain, yang mengakibatkan penurunan permintaan dan oleh karena itu, harga emas juga akan turun. Begitu juga sebaliknya, ketika nilai Dolar terdepresiasi. Namun, sentimen risiko juga berperan dalam hubungan terbalik antara emas dan greenback.

Selama kemerosotan ekonomi atau meningkatnya masa volatilitas, permintaan mata uang dan saham dapat menurun karena investor meningkatkan eksposur terhadap emas, dan aset lain yang memiliki nilai intrinsik.

Emas Sebagai Komoditas yang Dapat Diperdagangkan

Meskipun koin, lempengan emas dan batangan masih dikoleksi dan bank sentral umumnya menyimpan sejumlah emas dalam cadangan, cara termudah mendapatkan eksposur ke logam mulia adalah dengan memperdagangkannya di bursa, berinvestasi di perusahaan emas atau memperdagangkan ETF yang melacak harga emas.

Faktor yang sama yang mempengaruhi emas sebagai investasi kemungkinan akan mempengaruhinya sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan tetapi karena pasar emas sangat besar, volume perdagangan yang tinggi, dikombinasikan dengan likuiditas yang amble dan perdagangan hampir 24 jam, memungkinkan untuk spread yang lebih ketat, membuat emas relatif murah untuk diperdagangkan. Faktanya, Dewan Emas Dunia memperkirakan bahwa rata-rata volume perdagangan harian emas lebih tinggi dari mayoritas mata uang, dengan pengecualian tiga pasangan mata uang utama, yaitu EUR / USD, USD / JPY dan GBP / USD.

Aksi Harga Emas

Dalam hal perdagangan emas, aksi harga dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk psikologi perdagangan serta analisis teknis dan fundamental. Meskipun ada berbagai strategi, strategi yang mencakup semua, menggabungkan ketiga bentuk analisis ini dapat memberikan manfaat tambahan.

Analisa Teknikal Emas

Proses analisa teknikal melibatkan identifikasi pola dari grafik dalam upaya mengidentifikasi kondisi pasar saat ini dan tren yang telah terjadi di masa lalu dan mungkin terjadi di masa depan, menggunakan aksi harga dan indikator teknis sebagai panduan.

Meski menentukan tren mungkin terdengar sederhana, tapi memutuskan kerangka waktu yang tepat bisa menjadi hal yang menantang. Sementara pedagang intraday sering menggunakan grafik jangka pendek untuk menentukan sinyal potensial masuk dan keluar, ada manfaat dari beberapa analisis kerangka waktu, yang mencakup analisis dari grafik jangka panjang dan pendek.

Bagi trader pemula, empat indikator perdagangan yang efektif termasuk Moving Average, Relative Strength Index (RSI), Moving Average Convergence/Divergence (MACD) dan Stochastic, sementara bagi yang lebih berpengalaman dapat menggunakan alat yang lebih kompleks seperti Fibonacci Retracement atau Elliot Wave, dalam hubungannya dengan indikator lainnya.

Contohnya dapat dilihat pada grafik Harian di bawah ini, di mana Fibonacci Retracement diambil dari pergerakan besar terbaru (antara Low Maret 2020 dan High Agustus 2020). Sejak menelusuri kembali dari level ini, level retracement ini telah membentuk support dan resistance untuk aksi harga, membentuk area konfluensi, yang agak mengubah kondisi pasar dari kondisi tren ke kondisi kisaran terbatas.

Grafik Harian Emas

Dengan menambahkan Relative Strength Index (RSI), seorang trader dapat mengidentifikasi sinyal potensial seperti yang ditunjukkan di atas. Ketika RSI di atas 70, pasar dianggap overbought dan ketika RSI turun di bawah 30, dianggap oversold. Penting untuk diingat bahwa kondisi pasar dapat berubah, tetapi jika seorang trader menggunakan RSI selama fase tren, ketika tren berakhir, mereka dapat beralih ke strategi perdagangan kisaran RSI.

Analisa Fundamental Emas

Sementara analisa teknikal fokus pada pola grafik, dengan asumsi bahwa semuanya telah dihitung dan diperhitungkan, fundamental percaya bahwa peristiwa ekonomi adalah pendorong utama aksi harga. Meskipun tidak ada yang salah, selama resesi atau ketidakpastian ekonomi, perubahan kebijakan sering kali sporadis dan cenderung memengaruhi sentimen risiko tanpa peringatan sebelumnya.

Jika kita mengacu pada fundamental, secara umum, ini adalah kesehatan ekonomi suatu negara atau ekonomi. Data seperti PDB, inflasi dan suku bunga semuanya merupakan bagian dari fundamental. Ketika investor yakin dengan keadaan ekonomi, mereka cenderung berinvestasi dalam aset berisiko, seperti saham. Namun, ketika suku bunga rendah dan minimnya kepercayaan, ini disebut sebagai sentimen risk-off, di mana investor lebih cenderung berinvestasi dalam emas, treasury AS, dan aset safe-haven lainnya.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Fix, Emas Makin Dekat Ke 1800

JAVAFX - Harga emas sangat antusias untuk mengejar kembali kenaikannya, dimana secara teknis akan menemui hambatan yang keras pula. Penguatan kembali imbal hasil Obligasi...

Pemerintahan Biden Bilang Akan Cabut Batas Jumlah Pengungsi Bulan Depan

Menghadapi kritik yang memuncak dari sekutu-sekutu di Partai Demokrat, Gedung Putih mengatakan bulan depan Presiden Joe Biden akan mencabut batas jumlah pengungsi paling rendah...

Emas Semakin Memikat Atas Lemahnya Obligasi dan Dolar AS

Emas stabil di dekat level tertinggi sejak akhir Februari pada perdagangan sesi Jumat ini, dan tengah menuju kenaikan mingguan keduanya berturut-turut. Kenaikan emas didorong oleh penurunan imbal hasil obligasi AS dan melemahnya dolar.

Presiden Biden akan Berpidato di Kongres pada 28 April

Presiden AS Joe Biden dijadwalkan menyampaikan pidato pertamanya pada sidang gabungan Kongres pada 28 April. Pidato itu akan disampaikan sewaktu Biden mencapai 100 hari menjabat,...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502