Perdagangan Gas Alam: Penggerak Perdagangan Gas Alam

Gas alam merupakan komoditas yang sangat populer, terutama di kalangan trader harian. Dengan spread yang masuk akal dengan likuiditas tinggi, memudahkan trader untuk masuk dan keluar dari perdagangan dengan kesulitan minimal. Gas alam juga diminati oleh trader jangka panjang karena aset makro ini telah dikenal trend dalam waktu yang lama.

Selain itu, gas alam rentan terhadap kantung volatilitas yang menyebabkan lonjakan harga besar-besaran. Kabar baiknya adalah lonjakan ini cenderung memiliki komponen musiman yang dapat digunakan trader untuk keuntungan mereka.

Artikel ini membahas nuansa seputar pendorong fundamental gas alam dan cara memperdagangkannya.

Perdagangan Gas Alam

Gas Alam: Perdagangan Seputar Pola Musiman

Gas alam paling sering digunakan untuk pemanas, pembangkit listrik, dan proses industri. Penggunaan gas alam di berbagai sektor (di AS) cukup menarik karena gas cenderung menunjukkan dua puncak musiman dalam konsumsi per tahun.

Pola Konsumsi Musiman

Bulan musim dingin (konsumsi): Peningkatan konsumsi gas alam karena rumah tangga dan bisnis menggunakannya terutama untuk pemanas.

Bulan musim panas (konsumsi): Peningkatan konsumsi karena meningkatnya permintaan listrik.

Bagan di bawah ini menunjukkan lonjakan musim panas dengan lingkaran merah sedangkan lonjakan musim dingin ditunjukkan melalui puncak biru yang terjadi sekitar bulan Januari setiap tahun:

Pergerakan Harga Musiman

Bulan musim dingin (harga rata-rata yang lebih tinggi): Puncak utama biasanya terlihat pada bulan-bulan musim dingin karena rumah tangga dan bisnis menggunakan gas terutama untuk pemanasan dan mengurangi sejumlah besar penyimpanan gas yang telah disimpan selama musim panas.

Bulan musim panas (harga rata-rata yang lebih tinggi): Puncak yang lebih kecil terjadi di musim panas ketika permintaan listrik mencapai puncaknya, sering kali didorong oleh peningkatan penggunaan AC.

Grafik di bawah ini menunjukkan pergerakan harga musim dingin (baik pergerakan harga yang lebih tinggi maupun lebih rendah) dalam beberapa tahun terakhir:

Oleh karena itu, trader yang ingin memperdagangkan volatilitas musim dingin dapat mencari penurunan atau periode konsolidasi menjelang periode terdingin dalam setahun sebelum trading mengikuti arah tren. Bukan hal yang aneh untuk menyaksikan harga yang lebih tinggi menjelang pertengahan musim dingin, terutama jika angka penyimpanan lebih rendah dari rata-rata.

Pendekatan ini ditunjukkan di bawah untuk perdagangan panjang menuju periode terdingin dalam setahun:

Perdagangan gas alam selama bulan musim dingin

Perdagangan Gas Alam: Angka Penyimpanan (Permintaan Vs Pasokan)

Prinsip umum permintaan dan penawaran sangat penting dalam perdagangan gas alam. Data penyimpanan relevan yang diperlukan dapat ditemukan melalui situs web Administrasi Informasi Energi AS setiap minggu. Laporan tersebut menunjukkan perincian perubahan penyimpanan per wilayah secara mingguan, tahunan, dan rata-rata 5 tahun.

Tabel: Angka penyimpanan gas alam mingguan EIA AS

Karena sifat gas alam yang mudah menguap di sekitar rilis angka persediaan, yang terbaik adalah mendapatkan angka-angka ini sesegera mungkin dan dengan cara yang mudah dibaca.

Bagaimana Angka Persediaan Gas Alam Mempengaruhi Harga?

Penurunan tajam dalam angka persediaan atau di bawah rata-rata persediaan untuk waktu yang lama dapat memberikan beberapa info terkait harga gas alam di masa mendatang. Bagan di bawah ini membandingkan gas alam (garis titik-titik hitam) dengan perubahan persediaan gas alam AS (garis biru) selama periode 5 tahun September 2015 hingga September 2020.

Mengamati pasar ini dalam jangka waktu yang lama memungkinkan untuk mengidentifikasi tren atau pola apa pun yang belum tentu muncul dalam kerangka waktu yang lebih kecil. Teknik analisis ini disebut analisis multi kerangka waktu dan merupakan cara yang cukup populer untuk memahami pasar mana pun pada tingkat yang lebih melekat.

Satu pengamatan yang muncul beberapa kali pada grafik (berwarna merah) terjadi sekali lagi di sekitar bulan-bulan musim dingin saat angka penyimpanan turun. Penurunan penyimpanan terjadi sebagai akibat dari meningkatnya permintaan gas alam untuk pemanasan lainnya. Gas alam yang disimpan digunakan karena permintaan akan gas melebihi pasokan pada bulan-bulan yang lebih dingin yang mengakibatkan kenaikan harga gas alam. Penyesuaian harga adalah mekanisme alami yang diperlukan untuk mengembalikan permintaan dan penawaran ke keseimbangan. Saat cuaca dingin mereda, permintaan gas menurun dan angka penyimpanan akan mulai meningkat sekali lagi.

Penyimpanan Gas Alam vs Harga Gas Alam

Angka penyimpanan cenderung mendukung apa yang disebutkan di bagian sebelumnya tentang pola musiman karena cuaca ekstrem adalah salah satu dari sejumlah faktor yang memengaruhi penyimpanan gas alam.

Trader sekali lagi dapat mempertimbangkan arah tren yang mengarah ke bulan musim dingin dan menggunakan sejumlah alat analisis teknis untuk memasukkan waktu ke pasar ketika angka penyimpanan turun dan harga mengarah lebih tinggi. Sejauh ini kita hanya menganggap perdagangan yang panjang, hal ini karena mereka cenderung memiliki potensi untuk volatilitas yang lebih besar ketika harga naik dibandingkan dengan bila harga turun (atau ketika angka penyimpanan meningkat). Namun, masih ada peluang untuk memperdagangkan gas alam pada periode ketika permintaan berkurang dan persediaan mulai menumpuk.

Perdagangan Gas Alam: Kondisi Ekonomi Dan Gangguan Pasokan

Menggunakan Siklus Ekonomi sebagai Filter Tren

Keadaan ekonomi juga berpengaruh pada harga gas alam karena keterkaitan yang kuat antara gas dengan proses industri. Ketika ekonomi tumbuh, ada lebih banyak infrastruktur yang dibangun dan lebih banyak mesin yang dibutuhkan untuk mendukungnya.

Lebih jauh lagi, industri manufaktur juga cenderung meningkat karena penggunaan gas alam untuk memproduksi berbagai bahan kimia seperti amonia, metanol, butana, etana, dan propana.

Secara umum, ekspansi ekonomi menyebabkan peningkatan permintaan gas alam yang menopang harga gas alam. Hal ini terlihat di bawah ini di mana S&P500 digunakan sebagai proksi untuk kondisi ekonomi (warna merah), dengan harga gas alam (warna biru) bergerak naik dengan cara yang serupa tetapi lebih ekstrem.

Oleh karena itu, trader tren, tetap mencermati di mana kita berada dalam siklus ekonomi dalam upaya untuk berdagang sejalan dengan tren. Identifikasi perdagangan panjang dalam lingkungan ekonomi yang berkembang dan perdagangan pendek dalam lingkungan ekonomi yang berkontraksi.

Harga gas alam cenderung bergerak sejalan dengan perekonomian

Gangguan Pasokan

Melanjutkan analisis selama periode waktu yang sama yang ditunjukkan di atas, juga terjadi 3 lonjakan besar yang terjadi sebagai akibat dari faktor eksternal atau kondisi cuaca ekstrem di luar cuaca musim panas dan musim dingin yang hangat dan normal. Suhu yang sangat dingin dan kondisi cuaca ekstrem seperti angin topan dapat menyebabkan gangguan pasokan yang signifikan, terutama jika kondisi tersebut mengakibatkan kerusakan infrastruktur atau keterlambatan pengangkutan gas alam.

Inilah yang terjadi pada tahun 2005 dan 2008. Kasus-kasus ekstrem ini dan satu kasus lainnya akan dieksplorasi secara lebih rinci di bawah ini:

Cuaca ekstrem menyebabkan lonjakan gas alam

2000/2001: Lonjakan besar pertama dalam contoh ini disebabkan oleh peningkatan permintaan setelah bertahun-tahun penurunan produksi. Peningkatan permintaan disebabkan oleh cuaca yang lebih dingin dari biasanya dan karena angka penyimpanan sangat rendah – karena periode permintaan rendah yang berkepanjangan – ada guncangan harga yang besar.

2005: Lonjakan berikutnya terjadi karena badai Katrina di Teluk Meksiko. Teluk Meksiko sangat penting untuk pasar gas alam karena merupakan rumah bagi 51% dari total kapasitas pabrik pengolahan gas alam AS. Akibat badai tersebut, pasokan dari Teluk Meksiko terpengaruh secara signifikan, menyebabkan kenaikan harga yang drastis.

2008: Bukannya cuaca musiman yang berperan penting dalam harga, badai Gustav dan Ike menyebabkan penghentian produksi di Teluk Meksiko dan Louisiana yang menyebabkan harga gas alam melonjak di musim panas dan turun di musim dingin – kebalikan dari apa yang diharapkan.

Poin Penting Trader: Tetap up to date dengan angka penyimpanan dan potensi cuaca ekstrem di daerah yang kemungkinan besar akan mempengaruhi rantai pasokan gas alam secara langsung. Spekulan melihat peristiwa di atas sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga gas alam dan cenderung mempertimbangkan waktu masuk yang lama ke pasar dalam keadaan ini.

Jam Perdagangan Gas Alam

Mengenali jam perdagangan gas alam adalah kunci untuk mendapatkan dasar yang kokoh saat melakukan perdagangan gas alam. Berdasarkan Henry Hub Natural Gas futures (NG) NYMEX yang telah menjadi acuan harga standar global untuk Gas Bumi, waktu pasar di bawah ini penting untuk diperhatikan:

 17:00 – 16:00 (Minggu-Jumat) CT dengan istirahat 60 menit setiap hari mulai pukul 16:00 CT.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden Umumkan Cara Baru untuk Dorong Vaksinasi

Presiden AS Joe Biden, Selasa (11/5) mengumumkan cara baru untuk membantu lebih banyak orang Amerika memperoleh vaksin terhadap pandemi virus corona. Gedung Putih mengatakan bahwa...

Konstruksi Inggris Tumbuh Pesat Pasca Lockdown Dicabut – PMI

Aktivitas konstruksi Inggris meningkat dengan cepat bulan lalu, hampir menyamai rekor enam setengah tahun yang dicapai pada Maret karena pencabutan langkah-langkah penguncian virus korona sehingga meningkatkan pesanan baru, sebuah survei menunjukkan pada hari Jumat.

Biden Dorong Rencana Pemulihan Ekonomi untuk Atasi Lambatnya Pertumbuhan Kerja

Presiden Amerika Joe Biden akan bertemu dengan para anggota Senat minggu ini untuk mencari kesamaan dalam rencana pemulihan ekonominya, yang mencakup pengeluaran untuk infrastruktur,...

Jajak Pendapat AP-NORC: Popularitas Biden Konsisten

Jajak pendapat oleh AP-NORC menunjukkan optimisme orang Amerika secara keseluruhan semakin meningkat mengenai keadaan negara mereka. Lima puluh empat persen mengatakan negara itu berada di...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502