Permintaan Melonjak, Harga Minyak Rusia Ikut Naik

Harga spot untuk ESPO Blend, yakni minyak mentah kelas ekspor unggulan dari Rusia ke Asia telah pulih dari posisi di harga terendah sepanjang masa. Kenaikan harga ini terjadi di tengah permintaan yang kuat dari pembeli utama India dan China dan meredakan kekhawatiran tentang kemungkinan sanksi.

Minyak mentah yang diekspor dari pelabuhan Pasifik Kozmino mengalami perbedaan penurunan harga spot dari premium ke rekor diskon lebih dari $20 per barel pada Maret karena sanksi barat diterapkan pada perusahaan keuangan dan energi Rusia menyusul invasi ke Ukraina. Namun, Uni Eropa mengubah sanksi terhadap Rusia yang mulai berlaku bulan lalu, mengurangi pembatasan pembayaran untuk pengiriman minyak dari perusahaan milik negara Rosneft dan Gazpromneft – pemasok utama minyak mentah ESPO.

Harga telah pulih kembali dengan setidaknya dua kargo yang dimuat antara akhir September dan awal Oktober dijual dengan harga setara dengan patokan Timur Tengah Dubai. Penyulingan independen India dan China menemukan harga kargo jauh lebih murah daripada minyak Timur Tengah dengan kualitas yang sama, menurut kabar di Reuters. Sebaliknya, minyak mentah Murban Abu Dhabi untuk pemuatan September dijual dengan harga premium $12-$13 per barel.

Minyak Rusia sangat populer di kalangan penyulingan Asia dan pada harga ini nilainya sangat bagus, menurut sumber Reuters. Meskipun harga telah pulih, pasokan yang lebih murah telah membantu meningkatkan margin kilang Asia dan tekanan harga dapat bertahan menjelang embargo minyak Eropa akhir tahun ini dan kemungkinan lebih banyak sanksi terhadap Rusia. Demikian pula, harga spot untuk minyak mentah Ural Rusia yang biasanya diekspor ke Eropa berangsur-angsur pulih.

India menyalip China untuk menjadi pembeli terbesar minyak Rusia pada Juli berdasarkan volume lintas laut. Importir minyak mentah No. 3 dunia mengangkat rekor 29,5 juta barel, data Refinitiv Eikon menunjukkan. Ini termasuk 3,4 juta barel minyak mentah ESPO. India akan terus membeli minyak ESPO Blend pada Oktober.

Importir minyak mentah utama dunia China memuat 18,1 juta barel minyak mentah ESPO seaborne pada Juli, turun 27% dari level tertinggi sepanjang masa pada Juni, karena pembeli utama Sinopec Corp memangkas pembelian. Pasokan minyak yang dimuat dari pelabuhan Rusia turun menjadi 21,3 juta barel pada Juli, terendah sejak Februari.

Harga patokan minyak mentah ESPO secara tradisional dihargai berdasarkan FOB Kozmino. Namun, lebih banyak perdagangan sekarang dilakukan melalui perantara yang menjual kembali kargo berdasarkan pengiriman ex-ship (DES) yang mencakup biaya lain seperti pengiriman, asuransi, dan pembiayaan kepada pengguna akhir di Cina dan India. Misalnya, harga kargo yang tiba di India bulan lalu termasuk biaya pengiriman $2 juta meskipun sudah didiskon dengan harga lebih dari $7 per barel untuk harga Dubai. Harga minyak mentah ESPO yang dikirim ke China juga meningkat. Pekan lalu, kargo untuk pengiriman September dijual setara dengan basis ICE Brent DES, rebound dari diskon $5 per barel di bulan Maret.

Sanksi Uni Eropa yang melarang impor minyak mentah dan produk minyak Rusia melalui laut akan mulai berlaku pada 5 Desember. Mengingat kekhawatiran Eropa tentang lonjakan harga energi, kami pikir mungkin ada keengganan untuk melakukan semua tindakan hukuman ini yang berpotensi mengambil beberapa juta barel Rusia dari pasar.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.