Pertumbuhan Ekonomi Jerman Kontraksi Di Kuartal Pertama

Pertumbuhan ekonomi Jerman mengalami kontraksi di kuartal pertama akibat pandemi virus korona setelah sempat pemulihan di semester kedua 2020, data yang diterbitkan oleh Destatis mengungkapkan pada hari Jumat.

Produk domestik bruto Jerman turun 1,7 persen secara berurutan, kontras dengan pertumbuhan 0,5 persen yang terlihat pada kuartal keempat 2020. Angka ini lebih besar dari perkiraan ekonom yakni -1,5 persen.

PDB, pada basis yang tidak disesuaikan, turun pada laju yang lebih cepat 3,3 persen per tahun di kuartal pertama setelah turun 2,3 persen di kuartal sebelumnya. Para ekonom memperkirakan PDB tahunan mengalami penurunan 3,6 persen. Sementara itu, penurunan PDB yang disesuaikan dengan kalender melambat menjadi 3 persen dari 3,3 persen.

Dibandingkan dengan kuartal keempat 2019, kuartal sebelum krisis virus korona dimulai, PDB turun 4,9 persen pada kuartal pertama 2021.

Destatis mengatakan pandemi telah mempengaruhi konsumsi rumah tangga pada khususnya, sementara ekspor barang mendukung perekonomian.

“Mesin pertumbuhan di kuartal terakhir, ekonomi telah menjadi hambatan di seluruh Zona Euro”, Carsten Brzeski, seorang ekonom ING mengatakan. Tapi tidak terlalu lama.

Faktor teknis seperti pembalikan persediaan barang menjelang Brexit pada akhir tahun lalu, dampak cuaca musim dingin yang keras pada sektor konstruksi, dan gangguan rantai pasokan telah secara signifikan mengaburkan data PDB Jerman pada kuartal pertama.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden Umumkan Cara Baru untuk Dorong Vaksinasi

Presiden AS Joe Biden, Selasa (11/5) mengumumkan cara baru untuk membantu lebih banyak orang Amerika memperoleh vaksin terhadap pandemi virus corona. Gedung Putih mengatakan bahwa...

Harga Emas Menguat, Data NFP Hambat Kenaikan Suku Bunga

Emas perlahan menguat pada hari Senin dan diperdagangkan di dekat level puncak tiga bulan yang dicapai minggu lalu. Kenaikan emas ini menyusul hasil yang mengecewakan pada data pekerjaan AS dan mendukung harapan bahwa suku bunga masih akan rendah untuk beberapa waktu.

Harga Minyak Naik Dibayangi Kekhawatiran Permintaan

JAVAFX - Meskipun minyak mengalami kenaikan yang signifikan selama beberapa minggu terakhir, ketidakpastian permintaan terus mempengaruhi harga. Merebaknya gelombang kedua virus Covid-19 baru di...

Iran Siap Kerja Sama Dengan IAEA, Harga Minyak Makin Kuat

JAVAFX - Presiden Iran mengatakan bangsa mereka mungkin mempertimbangkan untuk memperluas kerjasama dengan the International Atomic Energy Agency (Badan Energi Atom Internasional ) untuk...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502