Pertumbuhan Inflasi Inggris Membaik, Namun Masih Temui Hambatan

0
120
Berita Ekonomi Inflasi

JAVAFX – Berita ekonomi yang dirilis pada hari Selasa(16/1/2018), memperlihatkan bahwa laju pertumbuhan inflasi di wilayah Inggris tengah mengalami peningkatan, namun dibeberapa sektor masih menemui beberapa hambatan.

Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Kantor Statistik Nasional menyebutkan bahwa pertumbuhan inflasi konsumen Inggris mengalami kenaikan sebesar 0.4% di bulan Desember setelah naik 0.3% di bulan November. Sedangkan untuk basis tahunannya, pertumbuhan inflasi konsumen Inggris telah mengalami kenaikan sebesar 3.0% di bulan Desember setelah mengalami kenaikan 3.1% di bulan November.

Di waktu yang bersamaan pula, Kantor Statistik Nasional Inggris melaporkan bahwa pertumbuhan inflasi di tingkat ritel telah mengalami kenaikan sebeasr 0.8% di bulan Desember dan untuk basis tahunannya mencatat kenaikan 4.1% untuk periode yang sama. Secara keseluruhan, hasil pertumbuhan inflasi di tingkat ritel Inggris telah melaju lebih tinggi dari bulan sebelumnya.

Selain itu, pada pertumbuhan inflasi untuk harga rumah di wilayah Inggris terpantau melambat, dimana hanya naik sebesar 5.1% di bulan Desember, ketika sebelumnya mencatat kenaikan 5.4% di bulan November. Survei ekonom memperkirakan bahwa pertumbuhan inflasi untuk harga rumah Inggris akan mengalami kenaikan sebesar 4.2% di bulan Desember.