PMI Manufaktur dan Jasa Jerman Membaik, Euro Terangkat Tipis

0
112
Germany Economy

PMI Manufaktur Flash Jerman meningkat menjadi 45,4 pada Mei 2024, tertinggi dalam empat bulan, dibandingkan dengan 42,5 pada bulan April dan mengalahkan perkiraan 43,1. Angka tersebut masih menunjukkan adanya penurunan aktivitas pabrik, namun hambatan tersebut berkurang dan penurunan output pabrik melambat tajam ke level terlemah dalam rangkaian kontraksi 13 bulan saat ini. Selain itu, pesanan manufaktur baru masih mengalami kontraksi, namun penurunan tersebut merupakan yang terlemah dalam dua tahun terakhir karena penjualan ekspor pabrik hampir stabil.

Sedangkan untuk data PMI sektor Jasa Jerman naik menjadi 53,9 pada Mei 2024, naik dari 53,2 pada bulan sebelumnya dan mengalahkan perkiraan pasar sebesar 53,5, berdasarkan perkiraan awal. Angka terakhir menunjukkan bahwa pemulihan di sektor jasa telah mendapatkan momentum, dengan indeks mencapai level tertinggi dalam 11 bulan. Terdapat peningkatan yang kuat dan cepat dalam jumlah lapangan kerja baru di seluruh sektor, yang sebagian didukung oleh peningkatan pertama, meskipun kecil, dalam bisnis baru dari luar negeri selama 12 bulan.

Data dirilis diawal pembukaan pasar Eropa dan memberikan sentimen positif untuk mata uang euro. Pasangan mata uang EUR/USD naik dari  1.0812 ke 1.0834. dalam pergerakan intraday, pair ini masih cenderung turun dengan supportnya 1.0800, selama bertahan diatas support ini maka ada potensi naik kembali ke 1.0852.