Pola Falling Wedge Sterling Tahan Penguatan Terhadap Dolar

Pound sterling seolah pasrah menerima data tenaga kerja terbaru Inggris yang lebih kuat dengan mengambil posisi bid beli ke area 1,2365, naik untuk hari ketiga berturut-turut, selama Selasa pagi dini hari di Eropa.

Dilaporkan, data Claimant Count Change Inggris untuk April turun di bawah perkiraan -38,8 ribu dan -46,9 ribu pada laporan sebelumnya menjadi -56,9 ribu. Penguatan sterling Juga didukung oleh Tingkat Pengangguran yang turun menjadi 3,7%, dibandingkan dengan konsensus pasar 3,8% dan data sebelumnya.

Angka ketenagakerjaan Inggris yang optimis melengkapi bias hawkish Gubernur Bank of England (BOE) Andrew Bailey baru-baru ini yang menyarankan kenaikan suku bunga yang lebih cepat oleh “Nyonya Tua”. Namun demikian, kondisi saat ini tampaknya telah diperhitungkan dan karenanya bullish GBPUSD kemungkinan akan menghadapi risiko katalis yang luas untuk kelanjutan arahnya.

Perlu dicatat bahwa minat terhadap aset berisiko kembali tumbuh bersamaan dengan dolar AS melemah guna mendukung kelanjutan penguatan kabel sebelumnya. Pemulihan sentimen pasar dapat dikaitkan dengan berita utama covid dari China sementara dolar AS menjadi korban beban data AS dan pidato the fed yang suram baru-baru ini.

Seakan semakin memperburuk suasana bagi dolar AS, saham berjangka dan imbal hasil obligasi AS yang mencatat kenaikan namun tidak untuk Indeks Dolar AS tetap terus tertekan.

Lebih lanjut, laporan penjualan ritel AS yang akan dirilis hari ini untuk April, diharapkan pada 0,7% berbanding 0,5% laporan sebelumnya, serta pidato dari Ketua Fed Jerome Powell, akan sangat penting untuk bullish GBPUSD karena pasar mengantisipasi dukungan berulang Powell atas kenaikan suku bunga 50 bps.

Selain itu, PM Inggris Boris Johnson juga siap merilis rincian tentang bagaimana Protokol Irlandia Utara (NIP) akan disesuaikan untuk tujuan “jaminan”, sesuai dengan tanggapan terbaru PM Inggris tersebut.

Sehingga, GBPUSD lebih rentan menghadapi hambatan untuk melanjutkan kenaikannya bahkan ketika reaksi langsung terhadap data Inggris tampak positif.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.