Pulau Hokkaido Jepang Darurat Corona, Korban Di Korea Naik Beruntun

JAVAFX – Korea Selatan melaporkan lebih banyak kasus baru coronavirus daripada Cina untuk hari kedua, dimana sebanyak 571 infeksi dilaporkan pada hari Jumat (28/02/2020. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea mengatakan 317 kasus lagi dilaporkan pada Jumat sore – selain 256 kasus yang dilaporkan di pagi hari, menjadikan jumlah total infeksi di negara itu menjadi 2.337. Jumlah tersebut merupakan infeksi tertinggi yang dilaporkan di Korea Selatan dalam satu hari, melebihi 505 yang dilaporkan pada hari Kamis.

Gold Trading

Sementara di Cina, Komisi Kesehatan Nasional mengatakan ada 327 kasus baru – dibandingkan dengan 433 sehari sebelumnya – di mana 318 telah dilaporkan di provinsi Hubei, Kamis. Ibukota Hubei, Wuhan, terus menanggung beban epidemi, dengan 313 infeksi baru. Jumlah kasus baru di luar Hubei turun menjadi sembilan, dari 24 yang dilaporkan sehari sebelumnya. Komisi itu mengatakan 44 kematian baru telah dilaporkan, sehingga jumlah korban menjadi 2.788. Sekarang ada total 78.824 infeksi di daratan, dengan 36.117 orang pulih dari Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh coronavirus.

Disisi lain, Jepang telah menetapkan kondisi darurat Corona di pulau Hokkaido. Pulau yang terletak dibagian utara ini telah menyatakan keadaan darurat terkait tingkat penularan virus corona dan mendesak penduduk untuk tetap di rumah.”Hokkaido telah melakukan apa saja untuk mengendalikan virus, tetapi krisis semakin dalam,” kata gubernur Naomichi Suzuki pada Jumat malam. Keadaan darurat akan berlangsung hingga 19 Maret, katanya.

Ada kekhawatiran yang berkembang atas upaya di Jepang – di mana virus telah dikaitkan dengan setidaknya empat kematian dan hampir 200 infeksi – untuk mendiagnosis pasien potensial. Negara ini tidak memiliki pusat pengendalian penyakit, menempatkan pencegahan virus dan pengendalian wabah di tangan birokrat dari kementerian kesehatan, dibantu oleh sekelompok ahli.

Pemerintah mengatakan memiliki kapasitas untuk melakukan 3.800 tes sehari tetapi hanya 5.700 tes dilakukan antara 18-23 Februari, Menteri Kesehatan Jepang Katunobu Kato mengatakan pada hari Rabu. Perdana Menteri Shinzo Abe mendapat kecaman yang meningkat atas sikapnya yang relatif santai terhadap wabah itu dibandingkan dengan Korea Selatan, dengan dukungan untuknya turun menjadi sekitar 36 persen dalam jajak pendapat akhir pekan.

Pada Kamis malam, Abe mendesak sekolah-sekolah di seluruh negeri untuk tutup selama sekitar satu bulan, meskipun pembibitan dan klub setelah sekolah dikecualikan. Pemerintah juga telah mendesak orang untuk bekerja dari rumah dan pulang pergi pada jam-jam sibuk, serta untuk menghindari pertemuan besar.

Operator dua resor Disney di Tokyo – Disneyland dan DisneySea – mengatakan pada hari Jumat bahwa taman akan ditutup selama sekitar dua minggu karena kekhawatiran atas wabah virus corona.