Rangkuman Berita Pasar Terkini: Rabu, 30 Juni 2021

  • Wall Street akhiri sesi Selasa dengan kenaikan setelah S&P 500 dan Nasdaq catat rekor penutupan tertinggi, terangkat oleh saham teknologi setelah laporan kepercayaan konsumen yang optimis.
  • Presiden Perancis Emmanuel Macron pada Selasa umumkan rencana pendanaan publik 7 miliar euro ($ 8,33 miliar) pada sektor kesehatan Prancis gina meningkatkan sistem kesehatan setelah pandemi COVID-19 membuat rumah sakit berada di bawah tekanan.
  • Imbal hasil obligasi AS tidak berubah pada hari Selasa karena pasar menunggu data ketenagakerjaan AS Juni yang akan dirilis akhir pekan ini, dapat mempengaruhi sikap kebijakan moneter Federal Reserve.
  • Produksi Industri Korea Selatan turun 0,7% yang disesuaikan secara musiman, meleset dari perkiraan kenaikan 0,8% dan setelah kontraksi 1,6% pada April, yang mencatat kontraksi terbesar sejak Mei 2020.
  • Harga emas bertahan stabil karena investor berhati-hati menjelang data pekerjaan AS yang akan dirilis akhir pekan ini, dan akan mencatatkan bulan terburuk sejak November 2016 terkait pergeseran Federal Reserve AS ke sikap kebijakan hawkish.
  • Emas dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi, meskipun kenaikan suku bunga Fed akan meningkatkan biaya peluang memegang emas dan mengurangi daya tariknya.
  • Gubernur Federal Reserve Christopher Waller “sangat optimis” terhadap ekonomi, namun menolak berkomentar kapan the Fed harus mulai menaikkan suku bunga.
  • Kepercayaan konsumen AS melonjak ke level tertinggi di hampir 1-1/2 tahun di bulan Juni atas meningkatnya optimisme pasar tenaga kerja di tengah pembukaan kembali ekonomi.
  • Data nonfarm payrolls Departemen Tenaga Kerja AS diperkirakan meningkat 690.000, dibandingkan dengan 559.000 pada bulan Mei, menurut jajak pendapat Reuters.
  • Indeks Manajer Pembelian (PMI) manufaktur China turun menjadi 50,9 pada Juni dari 51 pada Mei, atas mahalnya harga bahan baku dan gangguan pelabuhan di provinsi ekspor Guangdong.
  • Indeks Manajer Pembelian (PMI) non-manufaktur China melambat pada Juni, turun menjadi 53,5 pada Juni dari 55,2 pada Mei, kasus COVID-19 batasi kebangkitan di China Selatan.
  • Dolar AS masih bertahan pada kenaikan baru-baru ini peningkatan kasus Covid 19 tingkatkan kekhawatiran di pasar yang sudah gelisah menjelang data pekerjaan AS.
  • Output pabrik Jepang pada Mei merosot 5,9% pada Mei dari bulan sebelumnya, penurunan tajam dalam produksi mobil mengancam akan merusak pemulihan ekonomi negara.
  • Saham Asia naik dan indeks ekuitas global berada di dekat rekor tertinggi pada hari Rabu atas meningkatnya kepercayaan konsumen dalam pemulihan ekonomi dorong indeks Nasdaq ke level penutupan tertinggi.
  • Minyak mentah naik Rabu pagi di Asia setelah Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya (OPEC+) menunda pertemuannya mengenai kebijakan produksi pada minggu ini.

Share this post

Analisa Fundamental

Edukasi

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.