RBA Minutes : Bank Sentral Pertahankan Kebijakan Namun Buka Peluang Lebih Akomodatif

Reserve Bank of Australia (RBA) mempertahankan suku bunga tidak berubah pada rekor terendah 0,25% pada pertemuan kebijakan Oktober, seperti yang di harapkan oleh para pengamat.

Pembuat kebijakan menegaskan kembali komitmen mereka untuk melakukan apa yang dapat dilakukan untuk mendukung sektor pekerjaan, pendapatan dan bisnis di Australia. Tindakannya termasuk keputusan bulan lalu untuk memperluas Fasilitas Pendanaan Berjangka menjadi AUD 20 miliar dengan suku bunga tetap 25 bps selama tiga tahun, menjaga pemulihan ekonomi nasional kemungkinan besar akan bergelombang dan tidak merata dan akan membutuhkan waktu sebelum tingkat output kembali ke level akhir 2019.

Dewan kebijakan menambah bahwa pihaknya terus mempertimbangkan bagaimana pelonggaran moneter tambahan dapat mendukung tenaga kerja karena dampak ekonomi saat ini.

Pembuat kebijakan menegaskan kembali pandangannya untuk mempertahankan pengaturan kebijakan yang sangat akomodatif selama diperlukan dan tidak akan meningkatkan target nilai tunai sampai kemajuan dibuat menuju lapangan kerja penuh dan yakin inflasi akan berkelanjutan dalam kisaran target 2-3%.

Sekilas dari notulen petemuan RBA tersebut ada indikasi banks entral Australia membuka jalan untuk pelonggaran moneter lebih lanjut seperti menurunkan suku bunga dan pembelian obligasi. Kebijakan ini jika akan dilakukan dapat memberikan tekanan pelemahan nilai mata uang AUD.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Presiden Biden pertama kalinya telepon Raja Saudi

Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat berbicara untuk pertama kalinya dengan Raja Saudi Salman pada Kamis (25/2), dan menyatakan akan menjadikan hubungan bilateral "sekuat...

Cuaca Ekstrim Menghambat Produksi, Harga Minyak Berpeluang Naik

JAVAFX - Cuaca musim dingin yang ekstrim di Rusia, setidaknya lebih ekstrim dari biasanya untuk wilayah Siberia, mengakibatkan produksi minyak Rusia yang lebih rendah...

Harga Emas Terbenam Ditengah Prospek Ekonomi Yang Membaik

Harga emas kembali tertekan aksi jual pada perdagangan New York hari Kamis, ditengah merosotnya indeks saham AS karena imbal hasil obligasi terus melonjak ke...

Biden Akan Umumkan Sikap Terkait Arab Saudi

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakah bahwa Pemerintah AS pada Senin (29/2) akan mengumumkan sikapnya terkait Arab Saudi. "Akan ada pengumuman pada Senin (29/2)...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502