Saham Asia Melemah, Sanksi Atas China Kembali Merebak

Bursa saham Asia membalikkan kenaikan di awal sesi Selasa, dibebani oleh pasar Cina karena investor mengambil untung pada reli baru-baru ini di beberapa perusahaan Cina daratan, meskipun meredanya kekhawatiran inflasi membantu menopang sentimen yang lebih luas di wilayah tersebut.

Investor saat ini menunggu penampilan Kongres oleh AS. Ketua Federal Reserve Jerome Powell dan Menteri Keuangan Janet Yellen di kemudian hari yang sangat diawasi.

Indeks saham MSCI Asia Pasifik, tidak termasuk Jepang, turun 0,57%, terpukul oleh penurunan saham blue chip China sebesar 1,5%.

Saham China telah mengungguli pasar Asia lainnya baru-baru ini, yang berarti mereka akan mengalami semacam koreksi. Pengumuman sanksi baru semalam juga tidak membantu saham Cina, meskipun analis mengatakan pasar mulai terbiasa dengan perkembangan tersebut.

Amerika Serikat dan lainnya termasuk Uni Eropa memberi sanksi kepada pejabat China pada hari Senin atas pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang, dan Beijing membalas dengan tindakan hukuman terhadap anggota parlemen, diplomat, institut, dan keluarga Eropa.

Di luar China, saham Asia beragam setelah kenaikan Wall Street pada hari Senin karena investor menyambut menurunnya imbal hasil obligasi AS baru-baru ini.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,32%, S&P 500 naik 0,70% dan Nasdaq Composite naik 1,23%.

Pasar berkembang dan negara berkembang Asia juga berhasil mencerna langkah mengejutkan Presiden Turki untuk menggantikan gubernur bank sentral dengan kritik suku bunga tinggi.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Prospek Pasar Minyak AS Menjanjikan, Harga Terangkat Naik

JAVAFX - Harga minyak naik pada hari Senin (12/04/2021) di tengah harapan bahwa permintaan bahan bakar meningkat di Amerika Serikat saat musim liburan musim...

Biden disebut telah buktikan janji kampanye terhadap Muslim

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden disebut telah membuktikan janji saat kampanye pencalonannya sebagai presiden, terkait kebijakan terhadap Muslim dan Islam. Janji kampanye Biden untuk...

Biden berencana ungkap tindakan eksekutif terkait pengaturan senjata

Presiden Amerika Serikat Joe Biden diperkirakan pada Kamis mulai membeberkan tindakan eksekutif soal senjata setelah serangkaian penembakan massal di awal masa jabatannya di Gedung...

Harga Minyak Naik, Meski Impor China Mulai Menurun

JAVAFX - Impor minyak mentah China diperkirakan telah turun 8,81 persen bulan ke bulan di bulan Maret menjadi 11,26 juta barel per hari (bph),...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502