Saham Eropa Jatuh Saat Saham Dunia Cetak Level tertinggi, Dollar Rapuh

JAVAFX – Saham Eropa jatuh  pada perdagangan awal hari Selasa setelah dibuka lebih tinggi, mengikuti serangkaian hasil laba perusahaan yang beragam, sementara rebound dolar tertahan karena investor menunggu kelanjutan dari pembicaraan mengenai bantuan stimulus pemerintah AS.

Setelah reli pada hari Senin, saham Eropa dibuka lebih tinggi tetapi kemudian Kembali jatuh, dengan STOXX 600 pan-Eropa turun 0,6% dan London FTSE 100 turun 0,7%.

Gold Trading

Laporan pendapatan perusahaan yang mengecewakan dari Diageo Plc dan kelompok obat-obatan dan pestisida jerman Bayer menghilangkan stok siklus terkait pertumbuhan.Saham BP melonjak setelah memangkas deviden dan membukukan rekor kerugian yang sesuai dengan harapan.

Indeks saham dunia MSCI yang melacak saham di 49 negara, naik 0,4% setelah mencapai tertinggi lima bulan pada siang tadi. Ketegangan AS dan China memanas lagi Ketika Presiden Donald Trump mengatakan bahwa ia akan melarang aplikasi TikTok di AS kecuali jika perusahaan teknologi seperti Microsoft membelinya. Langkah tersebut memicu protes di media social China dan kritik dari investor China terkemuka di pemilik TikTok, ByteDance.

“Retorika semacam ini sejalan dengan pandangan kami bahwa gesekan AS-Cina dapat meningkat ke pemilihan presiden AS, menyuntikkan volatilitas ke aset terkait seperti ADR teknologi China (American Depository Receipts) sementara juga mendukung aset asuransi seperti emas,” tulis kepala investasi UBS Global Wealth Management’s, Mark Haefele.

Sementara itu rebound dolar tersendat, dengan investor masih menunggu Washington untuk membuat kemajuan dalam pembicaraan selama putaran  bantuan stimulus fiskal berikutnya. Tunjangan pengangguran yang meningkat $ 600 per minggu, yang memberikan garis hidup bagi puluhan juta orang Amerika yang kehilangan pekerjaan karena pandemi, berakhir pada hari Jumat.

Anggota parlemen mengatakan mereka telah membuat kemajuan dalam pembicaraan, dan Ketua DPR AS Nancy Pelosi akan bertemu lagi dengan Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows pada hari Selasa, meningkatkan harapan terjadinya terobosan.

Indeks dolar turun 0,2% pada hari ini di 93,000 membuat euro Kembali berada di level 1.18000. sedangkan poundsterling sempat Kembali ke 1.31000 kemudian turun di level 1.30600.