Saksi Baru Akan Rinci Bagaimana Trump Desak Depkeh Selidiki Klaim Kecurangan Pemilu 2020

Panel Kongres yang menyelidiki penyebab kerusuhan 6 Januari 2021 di gedung Kongres AS, Kamis (23/6) dijadwalkan mendengarkan kesaksian mengenai bagaimana mantan presiden Donald Trump mendesak para pejabat Departemen Kehakiman untuk menyelidiki tuduhan kecurangan dalam pemilu 2020, yang ia harap akan membalik kekalahannya dari calon partai Demokrat, Joe Biden.

Ketua Komite Bennie Thompson mengatakan panel itu akan mempelajari “upaya Trump untuk mencampuri badan penegak hukum tertinggi negara.” Pada Selasa lalu, para pejabat negara bagian di Arizona dan Georgia memberi kesaksian bahwa Trump telah berupaya tanpa hasil untuk membuat mereka menunjuk pemilih palsu untuk membuatnya tetap berkuasa empat tahun lagi atau membatalkan hasil pemilihan yang menunjukkan Biden telah mengalahkannya.

Sidang dengar keterangan hari Kamis diperkirakan antara lain akan berfokus pada tuduhan upaya Jeffrey Clark, mantan Asisten Jaksa Agung, untuk berulang kali mendorong para pejabat Departemen Kehakiman agar menyelidiki klaim kecurangan dalam pemilu dan untuk memaksa beberapa negara bagian agar “membatalkan sertifikasi” hasil pemilu di sana yang menunjukkan Biden telah menang.

Sejumlah orang mengatakan Trump mempertimbangkan untuk menunjuk Clark sebagai jaksa agung, bukannya memilih penjabat Jaksa Agung Jeff Rosen.

Rosen, seperti pendahulunya, mantan Jaksa Agung William Barr, mengatakan tidak ada bukti kecurangan yang cukup substansial yang dapat membatalkan kemenangan Biden.

Dalam klip video singkat yang diputar pada akhir sidang dengar keterangan hari Selasa, Richard Donoghue, yang menjadi penjabat Wakil Jaksa Agung AS dari Desember 2020 hingga Januari 2021, mengatakan, ia akan langsung mengundurkan diri jika Trump menunjuk Clark sebagai jaksa agung pada pekan-pekan terakhir masa jabatannya.

Sidang hari Kamis ini akan merupakan yang kelima pada bulan Juni.

Panel investigasi sedang menyelidiki peran Trump dalam memicu kerusuhan di gedung Kongres AS sewaktu para legislator berkumpul untuk mengukuhkan kemenangan Biden dalam pemilihan presiden.

Sidang dengar keterangan panel investigasi itu akan berakhir dengan selesainya sidang hari Kamis.

Komite kemudian siap merilis temuan-temuannya pada akhir musim panas ini.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.