Sekjen NATO: Pernyataan Biden bukan lampu hijau invasi Rusia

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada Kamis (20/1) mengatakan bahwa pernyataan “invasi kecil” Presiden AS Joe Biden bukan lampu hijau untuk invasi Rusia terhadap Ukraina.

“Bukan sama sekali,” kata Stoltenberg saat wawancara dengan CNN ketika ditanya apakah pernyataan Biden mendukung agresi Rusia.

“Rusia akan diminta bertanggung jawab jika mereka melakukan invasi – dan itu tergantung atas apa yang mereka lakukan,” kata Biden kepada awak media sehari sebelum.

“Satu hal apabila itu serangan kecil dan kami akhirnya harus berdebat tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan,” lanjutnya pada Rabu.

Pernyataan Biden di konferensi pers Gedung Putih menimbulkan ketidakpastian tentang bagaimana Negara Barat akan merespons, seandainya Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan serangan ke Ukraina.

Hal itu mendorong Gedung Putih untuk kemudian berupaya mengklarifikasi apa yang dimaksud Biden.

Tak lama setelah pernyataan Biden, Gedung Putih menolak isyarat apa pun bahwa serangan militer Rusia dengan skala yang lebih kecil akan menghadapi respons AS yang lebih lemah.

Stoltenberg juga memberitahu CNN bahwa para sekutu sedang berupaya meningkatkan dukungan untuk Ukraina, melihat sanksi terhadap Rusia dan “mempertimbangkan untuk menambah pasukan NATO di wilayah timur aliansi tersebut.” Menurutnya, Rusia telah diundang ke sederet pertemuan penyelesaian solusi politik.

Di hadapan Negara Barat, Rusia menyajikan daftar tuntutan keamanan pada pembicaraan pekan lalu yang nihil terobosan.

Pejabat Rusia mengelak berencana melakukan serangan, namun Kremlin telah menerjunkan sekitar 100.000 pasukan dekat perbatasan Ukraina.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.