Sekjen PBB desak upaya ketersediaan hunian terjangkau bagi semua orang

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyerukan upaya untuk menyediakan hunian terjangkau bagi semua orang.

“Kita butuh aksi yang lebih mendesak dan investasi yang lebih besar untuk menyediakan hunian terjangkau bagi semua orang, bersama akses terhadap listrik, air bersih, sanitasi, transportasi, dan layanan dasar lainnya,” kata Guterres dalam pesannya di Hari Habitat Sedunia, Senin (3/10).

Guterres mengungkapkan serangkaian tantangan, mulai dari kekacauan iklim dan konflik hingga COVID-19, sedang menghantam populasi yang paling rentan; sementara urbanisasi yang cepat dan tidak terencana kian memperburuk tantangan-tantangan tersebut.

Dia menyebutkan lebih dari 1 miliar penduduk dunia tinggal di permukiman yang terlalu padat dengan kondisi hunian tidak layak dan jumlahnya meningkat setiap hari.

“Tidak meninggalkan siapa pun adalah janji inti dari Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Ini berarti menjadikan kota ramah bagi perempuan dan anak-anak, menutup kesenjangan antara si kaya dan si miskin, di dalam dan antara wilayah perkotaan dan pedesaan, maupun di dalam dan antara kawasan maju dan berkembang,” katanya.

Menurut dia, permukiman inklusif dan berkelanjutan menjadi hal penting dalam kehidupan masyarakat.

“Kota dan permukiman manusia yang inklusif, aman, kokoh, dan berkelanjutan sangatlah penting, dan aksi lokal menjadi kuncinya,” ujar Antonio Guterres.

Hari Habitat Sedunia diperingati setiap Senin pertama Oktober setiap tahun dan ditetapkan oleh PBB sebagai momen untuk merenungkan berbagai keadaan di kota-kota besar dan kecil, serta pemenuhan hak dasar semua orang atas tempat tinggal yang layak.

Tema Hari Habitat Sedunia 2022 ialah Mind the Gap.

Leave No One and No Place Behind, yang menyoroti ketidaksetaraan dalam berbagai kondisi kehidupan di seluruh dunia.

Hari Habitat Sedunia kali pertama dirayakan pada tahun 1986 di Nairobi, Kenya.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.