Sekjen PBB minta maaf ke Presiden Kongo atas insiden penembakan

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres, Senin (1/8), berbicara dengan Presiden Republik Demokratik (RD) Kongo Felix Tshisekedi dan meminta maaf atas insiden yang terjadi pada Minggu (31/7).

Dalam insiden itu, sejumlah anggota pasukan penjaga perdamaian PBB melakukan penembakan dan menewaskan dua warga di sebuah kota perbatasan.

Dalam percakapan via telepon, Guterres menyampaikan belasungkawa dan meminta maaf atas insiden tersebut, kata juru bicara (jubir) Guterres, Stephane Dujarric.

Guterres mengatakan PBB berkomitmen penuh terhadap perdamaian serta siap berkoordinasi dan bekerja dengan angkatan bersenjata Kongo.

Dia juga menilai perlu ada dialog efektif guna mengatasi situasi tersebut serta menghadirkan stabilitas di RD Kongo timur, menurut jubir itu.

Pada Minggu, Guterres mengungkapkan kemarahannya setelah insiden yang terjadi di Kasindi, Provinsi Kivu Utara, di perbatasan RD Kongo dan Uganda.

Selain dua kematian yang dilaporkan, 15 orang lainnya terluka dalam insiden mematikan itu, kata otoritas di RD Kongo.

Sekjen PBB juga menekankan perlunya menunjukkan tanggung jawab atas peristiwa tersebut dan menyambut baik keputusan perwakilan khususnya di RD Kongo, Bintou Keita, untuk menahan para anggota pasukan penjaga perdamaian yang terlibat dalam insiden tersebut dan segera memulai penyelidikan.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.