Sekjen PBB serukan aksi bantu pengungsi internal

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres telah meluncurkan agenda aksi untuk mendorong upaya membantu para pengungsi internal atau internally displaced person.

“Dunia sedang menghadapi krisis pengungsi internal.

Orang-orang di seluruh dunia dengan jumlah yang memecahkan rekor tertinggi telantar di negara mereka sendiri akibat tragedi seperti konflik, bencana, dan krisis iklim,” kata Guterres dalam pesan video pada Jumat (24/6).

Menurut dia, banyak pengungsi internal sudah telantar selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, dan kebanyakan mengalami lebih dari satu kali.

Sekjen PBB menambahkan sebagian pihak terpaksa mengungsi lebih banyak pada waktu belakangan.

Bahkan dalam kurun waktu tiga bulan terkini, konflik di Ukraina memaksa 13 juta orang meninggalkan rumah dan lingkungan mereka dengan dua pertiga di antaranya tetap bertahan di Ukraina, ungkap Guterres.

Agenda aksi itu memiliki tiga tujuan utama yaitu membantu para pengungsi internal menemukan solusi permanen, mencegah krisis pengungsi berikutnya dengan lebih baik, dan memastikan adanya perlindungan serta bantuan yang lebih kuat bagi pihak yang mengalami ketelantaran.

“Biar saya perjelas, kewajiban untuk mengakhiri ketelantaran pertama-tama dipegang oleh pemerintah.

Namun, kita semua memiliki tanggung jawab untuk bertindak.

Situasi buruk yang dialami pengungsi internal bukanlah sekadar isu kemanusiaan,” tegas Guterres.

Menurut dia penyelesaian ketelantaran membutuhkan pendekatan terintegrasi yang menggabungkan pembangunan, pembangunan perdamaian, hak asasi manusia, aksi iklim, dan upaya pengurangan risiko bencana.

“Agenda aksi ini menjabarkan komitmen yang jelas bagi sistem PBB.

Saya mendesak seluruh negara anggota, masyarakat sipil, dan institusi finansial internasional untuk ambil bagian dalam membantu mendorong perubahan.

Bersama-sama, kita dapat mengurangi penderitaan manusia dan memberikan masa depan yang lebih cerah bagi para pengungsi internal di seluruh dunia,” tutup Guterres.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.