Sekjen PBB serukan pemusnahan senjata nuklir

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres pada Selasa (26/9) menyerukan pemusnahan senjata nuklir.

“Pada Hari Internasional untuk Pemusnahan Total Senjata Nuklir ini, kita mengingatkan diri kita sendiri tentang kebenaran mendasar: satu-satunya cara nyata untuk mencegah penggunaan senjata nuklir adalah dengan memusnahkannya,” kata dia dalam pertemuan pleno tingkat tinggi Majelis Umum PBB untuk memperingati dan mempromosikan Hari Internasional untuk Pemusnahan Total Senjata Nuklir.

Antonio Guterres meminta sejumlah negara pemilik senjata nuklir untuk memenuhi kewajiban pelucutan senjata mereka dan berkomitmen untuk tidak menggunakan senjata nuklir dalam keadaan apa pun.

Menurut Guterres, setiap penggunaan senjata nuklir kapan, di mana, dan dalam konteks apa pun akan menimbulkan bencana kemanusiaan yang sangat besar.

Perlombaan senjata baru yang mengkhawatirkan sedang terjadi.

Jumlah senjata nuklir diperkirakan akan meningkat untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade.

Sejumlah norma yang dicapai dengan susah payah untuk mencegah penggunaan, penyebaran, dan pengujiannya sedang dirusak.

Arsitektur pelucutan senjata dan nonproliferasi global sedang terkikis.

Persenjataan nuklir sedang dimodernisasi untuk membuat senjata-senjata ini lebih cepat, lebih akurat, dan lebih tersembunyi, jelas dia.

(Xinhua) Dia menekankan perlunya memperkuat dan berkomitmen kembali pada pelucutan senjata nuklir serta rezim nonproliferasi yang dibangun selama beberapa dekade, yang menurutnya mencakup Perjanjian Nonproliferasi Senjata Nuklir (Treaty on the Non-Proliferation of Nuclear Weapons), Perjanjian Pelarangan Senjata Nuklir (Treaty on the Prohibition of Nuclear Weapons), dan Traktat Pelarangan Menyeluruh Uji Coba Nuklir (Comprehensive Nuclear-Test-Ban Treaty).

Guterres menyerukan dialog, diplomasi, serta negosiasi untuk meredakan ketegangan dan mengakhiri ancaman nuklir.

Dialog ini harus mencakup semua kategori senjata nuklir, dan harus mengatasi meningkatnya interaksi antara senjata strategis dan konvensional, serta perhubungan antara senjata nuklir dan teknologi baru seperti kecerdasan buatan (AI).

Manusia harus selalu yang memegang kendali, dan bertanggung jawab atas, setiap keputusan untuk menggunakan senjata nuklir, jelas dia.

“Dunia sudah terlalu lama berada di bawah bayang-bayang senjata nuklir.

Mari kita menjauh dari ambang bencana.

Mari kita wujudkan era baru perdamaian bagi semua orang.

Mari kita buat sejarah dengan membuat senjata nuklir menjadi bagian dari sejarah,” demikian Guterres.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.