Sekjen PBB suarakan kekhawatiran terkait situasi di PLTN Zaporizhzhia

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres, Kamis (11/8), mengatakan pihaknya sangat khawatir terkait situasi yang sedang berlangsung di dalam dan sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia di Ukraina selatan.

“Saya mengimbau semua pihak terkait untuk menggunakan nalar dan akal sehat, serta tidak melakukan tindakan apa pun yang dapat membahayakan integritas fisik, keselamatan atau keamanan pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut,” Antonio Guterres.

Ukraina dan Rusia saling tuding terkait serangan di PLTN Zaporizhzhia, yang merupakan salah satu kompleks tenaga atom terbesar di Eropa dan menghasilkan seperempat dari total listrik Ukraina.

Dalam pernyataannya, Guterres mengatakan PBB terus mendukung penuh pekerjaan kritis Badan Energi Atom Internasional atau International Atomic Energy Agency (IAEA) dan upayanya untuk memastikan operasi PLTN Zaporizhzhia berjalan dengan aman.

“Saya mendesak para pihak untuk memberikan akses langsung, aman, dan tak terbatas kepada misi IAEA ke lokasi tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia Maria Zakharova, Rabu (10/8), mengatakan IAEA perlu memeriksa pembangkit listrik tersebut.

Zakharova mengatakan bahwa Rusia meminta pertemuan Dewan Keamanan PBB terkait pelindungan PLTN Zaporizhzhia, dan komunitas internasional harus menilai situasi tersebut secara komprehensif.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.