Sektor Saham: Dasar-dasar yang Perlu Anda Ketahui

Pasar saham global dapat dikategorikan ke dalam kelompok tertentu atau ‘sektor pasar saham’. Mengorganisir sejumlah besar saham dengan cara ini membantu trader melihat aset dengan cara yang lebih mudah dikelola saat trading.

Sektor Saham

Kinerja sektor saham dapat sangat berbeda – beberapa sektor mengikuti nasib ekonomi yang mendasari, sementara yang lain berkinerja lebih baik selama penurunan ekonomi. Mengetahui karakteristik berbagai sektor saham memungkinkan trader menuju analisis ekuitas yang lebih maju, misalnya, bagaimana menilai saham .

Artikel ini menganalisa setiap sektor yang berhubungan terhadap ekonomi lebih luas sambil memberikan sumber tambahan untuk membantu perjalanan trading Anda. Sebagai panduan pelengkap, mungkin berguna membaca bagaimana pasar saham mempengaruhi perekonomian karena artikel ini mengacu pada beberapa topik yang akan dibahas.

Sebelas sektor saham disajikan sesuai dengan Standar Klasifikasi Industri Global (GICS).

Industri

Sektor industrial

Sektor industri terdiri dari perusahaan yang memproduksi atau menyediakan layanan yang berkaitan dengan mesin dan peralatan yang digunakan di bidang manufaktur dan konstruksi.

Secara umum, sektor pasar saham terkait dalam berbagai tingkat dengan ekonomi yang mendasari dan sektor ini sangat sensitif terhadap naik turun ekonomi. Saham yang bergerak dengan cara yang mirip dengan perekonomian umum disebut ‘ saham siklis ‘ – karena kinerjanya terkait erat dengan posisi perekonomian dalam siklus bisnis.

Ketika ekonomi tumbuh, pabrik meningkatkan kapasitasnya guna memenuhi agregasi permintaan yang meningkat, yang menghasilkan peningkatan pendapatan. Ketika ekonomi sedang lesu, bisnis dan konsumen mengurangi belanjanya. Pengurangan pengeluaran (permintaan) memiliki efek tidak langsung yang menghasilkan rendahnya penjualan dan pendapatan untuk saham industri.

Oleh karena itu, setiap kali memperdagangkan saham industri atau saham siklus lainnya, sangatlah bermanfaat memiliki pemahaman kuat tentang arah perekonomian saat ini. Trader sering menggunakan indeks ekuitas sebagai acuan kinerja perekonomian yang lebih luas. Indeks teratas dunia meliputi: S&P 500 , FTSE 100 , DAX 30 , ASX 200 dan Indeks Hang Seng.

Stok industri populer meliputi:

  • General Electric Co. (CE )
  • Caterpillar Inc. (CAT
  • Uber Technologies (UBER)
  • United Airlines Inc. (UAL)

Bahan Dasar

Raw Material

Bahan dasar atau bahan baku antara lain minyak , emas , kertas dan batu. Bahan yang paling umum di sektor ini adalah produk tambang, seperti logam dan bijih misalnya. Oleh karena itu, sektor ini mencakup perusahaan yang terlibat dalam penemuan, pengembangan, dan pemrosesan bahan mentah.

Banyak bisnis mengandalkan perusahaan di sektor ini untuk mendapatkan input yang mereka butuhkan untuk menghasilkan produk akhir. Misalnya, produsen furnitur mengandalkan perusahaan yang secara fisik menebang, mengumpulkan, dan mengangkut pohon yang kemudian dimurnikan menjadi kayu yang dapat digunakan untuk digunakan dalam produk akhir.

Secara umum, bahan dasar terbentuk secara alami, dan sebagian besar bersifat terbatas. Lainnya dapat digunakan kembali tetapi pasokannya masih terbatas kapan saja.

Saham perusahaan bahan dasar yang populer meliputi:

  • DuPont de Nemours Inc.
  • BHP Billiton
  • ArcelorMittal
  • Rio Tinto

Energi

Sektor energi terdiri dari saham yang secara langsung atau tidak langsung terlibat dalam produksi atau distribusi tenaga untuk perekonomian. Perusahaan-perusahaan ini beroperasi di satu atau lebih dari berikut ini: pengeboran dan produksi minyak dan gas, infrastruktur pipa, listrik dan gas alam, perusahaan pertambangan, energi terbarukan dan bahan kimia.

Perusahaan dalam industri ini termasuk dalam kategori energi tak terbarukan atau energi terbarukan. Yang terakhir telah melihat peningkatan minat dalam beberapa tahun terakhir.

Saham energi cenderung berfluktuasi berdasarkan harga komoditas yang mendasarinya , di antara faktor-faktor lain. Hubungan ini masuk akal karena harga komoditas pokok menentukan untuk apa yang dijual produsen.

Bagan di bawah ini menggambarkan seberapa dekat pergerakan Exxon Mobil dengan harga minyak:

Oleh karena itu, saat memperdagangkan saham sektor energi, penting juga untuk memperhatikan harga komoditas yang mendasarinya.

Saham sektor energi yang populer meliputi:

  • Exxon Mobil
  • BP
  • Royal Dutch Shell
  • Chevron

Bahan Pokok Konsumen

Sektor kebutuhan pokok konsumen mencakup semua saham yang menyediakan produk-produk esensial, produk yang sangat dibutuhkan oleh konsumen. Beberapa dari produk ini adalah makanan pokok seperti roti, nasi, dan tepung jagung, tetapi jangkauannya telah diperluas hingga mencakup barang-barang seperti alkohol dan tembakau.

Sektor ini dapat dipecah menjadi 6 industri:

  • Produk makanan
  • Ritel makanan dan kebutuhan pokok
  • Minuman
  • Produk rumah tangga
  • Produk pribadi
  • Tembakau

Bahan pokok konsumen dianggap non-siklikal, pertahanan atau ‘saham safe haven’ karena orang memerlukan kebutuhan dasar untuk hidup terlepas dari apakah ekonomi sedang booming atau dalam resesi. Alhasil, kebutuhan pokok konsumen biasanya ditandai dengan dividen dan pendapatan yang stabil tetapi cenderung mengalami pertumbuhan yang rendah dari keseluruhan bisnis. Sifat non-siklikal dari saham pokok konsumen berarti bahwa mereka sering dicari ketika saham yang lebih sensitif terhadap siklus turun selama penurunan ekonomi.

Bahan pokok konsumen adalah industri yang sangat kompetitif karena perusahaan menjual produk serupa dengan perbedaan yang saling ditawarkan oleh pesaing mereka. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan-perusahaan ini untuk meminimalkan pengeluaran dan terus mencari teknologi baru dan inovatif dalam upaya menahan biaya.

Saham bahan pokok konsumen yang populer meliputi:

  • Pepsi Co.
  • Colgate-Palmolive Co.
  • Philip Morris International Inc.
  • The Kroger Co.

Diskresioner Konsumen

Saham discretionary konsumen adalah perusahaan yang memasarkan produk atau layanan yang dianggap ‘tidak penting’. Sektor pasar saham ini mencakup perusahaan seperti Amazon dan Nike yang menyediakan barang dan jasa berkualitas yang menarik bagi konsumen dengan pendapatan berlebih.

Saham discretionary konsumen cenderung berkembang ketika ekonomi baik-baik saja. Ketika perekonomian memiliki lapangan kerja baik, permintaan agregat untuk barang dan jasa meningkat dan orang cenderung memiliki lebih banyak uang tersisa setelah membeli kebutuhan pokok.

Trader atau investor sering menyukai saham discretionary konsumen di negara-negara di mana terdapat kelas menengah yang berkembang pesat atau ketika ekonomi memasuki fase pemulihan dari siklus ekonomi.

Saham discretionary konsumen populer meliputi:

  • Macy’s Inc
  • Amazon
  • Nike
  • Ford Motor Co.

Kesehatan

Pasar saham sektor perawatan kesehatan terdiri dari perusahaan yang memberikan layanan medis, asuransi kesehatan, dan pembuatan peralatan atau obat-obatan medis.

Sektor persediaan perawatan kesehatan mendapat manfaat dari kemajuan teknologi dan penelitian yang membantu menyediakan pengobatan atau obat-obatan kesehatan. Saham farmasi dalam sektor ini cenderung non-siklik karena pasien memerlukan pengobatan esensial terlepas dari keadaan ekonominya.

Sektor saham ini juga agak bergantung pada demografi. Ingat generasi ‘baby boomer’: kelompok besarnya sekarang adalah pensiunan, lanjut usia dan membutuhkan perawatan medis yang lebih baik. Ini berarti bahwa permintaan barang dan jasa di sektor perawatan kesehatan dapat meningkat, menghasilkan pendapatan yang lebih besar untuk sektor tersebut.

Namun, juga ada potensi jebakan. Perusahaan farmasi yang ingin memperkenalkan obat baru sering berinvestasi jutaan dolar untuk penelitian dan pengembangan, yang semuanya bisa sia-sia jika – misalnya – badan pengatur menolak persetujuan obat tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan perubahan besar harga saham karena optimisme berubah menjadi kepanikan.

Saham perawatan kesehatan yang populer meliputi:

  • Pfizer
  • Novartis
  • Johnson & Johnson
  • PLC Indivior

Keuangan

Sektor saham keuangan menggabungkan perusahaan yang menyediakan layanan keuangan kepada pelanggan ritel dan komersial. Sektor ini cukup luas karena kemajuan dalam fintech yang menyebabkan pendatang baru dalam beberapa tahun terakhir. Sektor saham terdiri dari bank, perusahaan investasi dan perusahaan asuransi.

Sektor keuangan sangat penting untuk perekonomian secara keseluruhan dan kesehatan biasanya merupakan tanda dari kekuatan keseluruhan. Ini karena individu dan bisnis bergantung pada bank untuk pembiayaan, apakah itu hipotek untuk membeli rumah baru atau pinjaman komersial untuk membantu memperluas operasi. Peningkatan pengeluaran mendukung kepercayaan konsumen yang merupakan sumber kehidupan ekonomi mana pun. Demikian pula, individu bergantung pada perusahaan asuransi untuk melindungi aset mereka dari kerugian.

Sektor keuangan cenderung berkinerja baik saat ekonomi berada dalam fase pemulihan dan bahkan lebih sering ketika ekonomi mendekati kapasitas maksimumnya.

Namun, ketika ekonomi mengalami masa sulit berkepanjangan, sektor keuangan biasanya menjadi salah satu yang paling terpukul. Bank sentral menurunkan suku bunga untuk membantu mendorong peminjaman dan pengeluaran, yang mengurangi margin keuntungan pada buku pinjaman bank dan ini menyebabkan berkurangnya pendapatan dan pembayaran dividen yang lebih rendah (atau tidak ada).

Perusahaan investasi menyaksikan arus keluar dan pelepasan awal ketika klien melihat kerugian dalam modal yang diinvestasikan, yang pada gilirannya berdampak pada garis bawah perusahaan.

Saham sektor keuangan yang populer meliputi:

  • Goldman Sachs
  • Citi Bank
  • Grup Internasional Amerika (AIG)
  • Berkshire Hathaway Inc.

Teknologi Informasi

Sektor teknologi informasi, juga dikenal sebagai ‘sektor teknologi’, mencakup perusahaan yang meneliti, mengembangkan, atau mendistribusikan barang dan jasa teknologi.

Saham teknologi cenderung diperdagangkan di harga premium karena tingkat pertumbuhan yang begitu cepat yang biasanya sangat diamati di sektor ini. Akibatnya, mereka sering menarik penilaian yang substansial dan manajemen mereka mungkin lebih memilih untuk menginvestasikan kembali kelebihan kas daripada membayar dividen.

Indeks teknologi :

  • US Tech 100 (Indeks Nasdaq 100) – Saham teknologi membentuk sekitar 50% dari indeks
  • US Fang (indeks FAANG) – Facebook, Amazon, Apple, Netflix dan Alphabet (Google)

Dengan perluasan internet, pengenalan e-niaga dan munculnya undang-undang perlindungan data, perusahaan teknologi telah menjadi subjek pengawasan dalam cara mereka menggunakan, menganalisis, dan menyebarkan data pengguna. Ini telah menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh sektor ini baru-baru ini.

Sektor ini dapat dibagi lagi menjadi 4 sub-bagian:

  • Semikonduktor
  • Perangkat lunak
  • Jaringan dan Internet
  • Perangkat keras

Saham teknologi populer meliputi:

  • Nvidia
  • Salesforce
  • Microsoft
  • Appel

Layanan Telekomunikasi

Sektor telekomunikasi terdiri dari perusahaan yang mengirimkan data dalam bentuk kata, audio, suara atau video ke seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan ini memungkinkan jaringan komunikasi global. Dengan kemajuan teknologi, proses ini menjadi lebih murah dan murah.

Layanan seluler telah memimpin kemajuan terbaru dibandingkan infrastruktur kabel tradisional. Telekomunikasi telah bergeser dari suara, menuju transmisi video, teks dan data.

Layanan telekomunikasi merupakan bagian integral dari perekonomian. Industri telah berkembang ke tingkat di mana investor dapat memilih nilai atau saham pertumbuhan untuk portofolionya. Investor saham ini mungkin melihat nilai di perusahaan kecil yang menawarkan layanan nirkabel. Sebaliknya, perusahaan besar yang berurusan dengan peralatan dan layanan terkait cenderung memberikan pilihan yang lebih konservatif dan berfokus pada pendapatan bagi investor.

Saham telekomunikasi populer meliputi:

  • Verizon
  • AT&T
  • T-Mobile
  • Vodafone Group PLC

Utilitas

AI(Artificial Intelligence) and smart energy. Abstract mixed media.

Sektor utilitas terdiri dari perusahaan yang menyediakan fasilitas dasar seperti gas alam, air, layanan pembuangan limbah, listrik, dan bendungan. Perusahaan utilitas menyediakan layanan penting dan oleh karena itu sering tunduk pada peraturan yang ketat .

Aturan ini melarang perusahaan utilitas dari menaikkan tarif mereka untuk meningkatkan pendapatan. Akibatnya, sektor ini biasanya memberikan dividen yang stabil dan mungkin menunjukkan penurunan volatilitas harga saham.

Karena fasilitas dasar tidak dapat dinegosiasikan, investor beralasan bahwa akan selalu ada permintaan untuk barang dan jasa ini bahkan dalam resesi. Investor mungkin mmeilih sektor ini selama penurunan ekonomi dalam upaya mempertahankan modal mereka sementara saham siklikal lainnya menjadi sangat tidak stabil.

Saham utilitas yang populer meliputi:

  • NRG Energy Inc.
  • CenterPoint Energy Inc.
  • NextEra Energy
  • Duke Energy

Perumahan

Sektor perumahan atau real estat umumnya terdiri dari perusahaan yang membeli dan menjual properti atau menahannya untuk menerima penghasilan. Hal ini dapat dilakukan pada sub sektor perumahan, komersial dan industri.

Real estate residensial berhubungan dengan pembelian dan penjualan properti yang digunakan sebagai tempat tinggal/rumah. Ini bisa dalam bentuk rumah, apartemen, kondominium, atau pengembangan unit yang direncanakan.

Real estat komersial berinvestasi di properti yang digunakan untuk tujuan bisnis seperti pusat perbelanjaan, ritel, hotel, atau ruang kantor.

Real estate industri berurusan dengan properti yang digunakan untuk manufaktur dan produksi misalnya, gudang, kilang, dan pabrik.

Ada empat jalur utama di mana investor dapat memperoleh eksposur ke sektor real estate ini:

  • Untuk membeli properti secara fisik
  • Beli saham perusahaan publik yang berinvestasi langsung di properti
  • Investasi / perdagangan Dana Investasi Real Estat (REITS)
  • Indeks sektor real estat

Perusahaan real estate cenderung bersifat siklus dan terpengaruh buruk dalam kemerosotan ekonomi. Ini karena orang biasanya tidak siap untuk berkomitmen pada pinjaman rumah 20-30 tahun dalam kondisi sulit, ketika ketakutan akan pemutusan hubungan kerja dan pengurangan gaji menjadi hal yang umum.

Faq Sektor Saham

Sektor saham apa yang berkinerja terbaik?

Banyak orang menanyakan pertanyaan ini dengan harapan menemukan sektor magis yang mengungguli lainnya secara konsisten. Pada kenyataannya, setiap sektor saham memiliki periode kinerja positif maupun negatif yang membutuhkan pendekatan yang lebih berimbang atau terdiversifikasi. Saham juga dapat menunjukkan korelasi positif yang bisa menjadi besar dalam tren naik tetapi menjadi bencana di saat pasar jatuh. Cara umum untuk melakukan diversifikasi adalah dengan mendapatkan eksposur ke kelas aset yang berbeda, seperti pasar forex atau pasar komoditas misalnya.

Sektor apa yang berhasil dalam resesi ?

Sektor yang sering berkinerja terbaik dalam resesi, secara historis, adalah sektor non-siklus seperti sektor pasar saham diskresioner konsumen, sektor utilitas dan bahkan bagian dari sektor perawatan kesehatan. Ketika pertumbuhan ekonomi dan sentimen konsumen menurun atau menjadi negatif, sektor-sektor ini cenderung kuat karena masyarakat masih membutuhkan kebutuhan pokok seperti makanan, minuman, pemanas, perawatan kesehatan dan listrik, misalnya.

Bagaimana saya bisa berinvestasi di sektor pasar saham?

Trader yang mencari eksposur ke sektor saham tertentu dapat memilih untuk memperdagangkan saham individu dalam sektor tersebut atau, dapat dengan mudah memperdagangkan Exchange Traded Fund (ETF) yang melacak industri secara keseluruhan. Ada keuntungan dan kerugian yang terkait dengan kedua pendekatan yang diperdagangkan harus diperhatikan untuk membuat keputusan yang tepat.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden yakin dapat segera bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Amerika Serikat Joe Biden berharap dapat segera bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, dengan Gedung Putih menyatakan bahwa perbedaan antara AS dan Rusia...

Konstruksi Inggris Tumbuh Pesat Pasca Lockdown Dicabut – PMI

Aktivitas konstruksi Inggris meningkat dengan cepat bulan lalu, hampir menyamai rekor enam setengah tahun yang dicapai pada Maret karena pencabutan langkah-langkah penguncian virus korona sehingga meningkatkan pesanan baru, sebuah survei menunjukkan pada hari Jumat.

Neraca Perdagangan Cina Kembali Mengesankan Di April

Sektor perdagangan China kembali bukukan performa mengesankan pada April, dengan sektor ekspor tak disangka mencatat kenaikan sementara impor mencapai level tertinggi satu dekade. Sehingga, mendorong pereekonomian terbesar kedua di dunia itu.

Kenaikan Terjeda, Harga Emas Nantikan Gerak Dolar dan Yield Obligasi AS

JAVAFX - Kekecewaan pelaku pasar pada hasil angka-aangka Nonfarm Payroll AS pada Jumat lalu dengan tegas mengirim harga emas di atas $ 1800 per...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502