Senat AS Hampir Capai Kesepakatan Soal Pagu Utang

Senat Amerika Serikat (AS) tampaknya akan mencapai kesepakatan jangka pendek untuk menghindari kemungkinan pemerintah mengalami gagal hutang yang akan jatuh tempo dalam dua minggu ke depan.

Pada Rabu (6/10) Partai Demokrat mengatakan mereka mungkin akan menerima sebuah proposal yang diajukan oleh Partai Republik guna meredakan pertikaian yang mengancam ekonomi.

Demokrat membatalkan sebuah pemungutan suara yang dilakukan pada Rabu siang waktu Amerika setelah pemimpin Republik di Senat, Mitch McConnell mengusulkan rencana soal perpanjangan waktu untuk mengatasi isu finansial tersebut.

McConnell mengusulkan partainya akan mengijinkan perpanjangan pagu utang pemerintah federal sampai bulan Desember.

Tanpa tindakan kongres untuk menaikkan pagu utang sebesar $28,4 triliun, Departemen Keuangan AS memperkirakan pihaknya tidak akan bisa memenuhi kewajiban finansialnya pada 18 Oktober mendatang.

Beberapa anggota dari Partai Demokrat mengatakan mereka akan menerima tawaran pemimpin Partai Republik itu.

Namun tanpa pernyataan resmi dari pemimpin Demokrat di Senat, Chuck Schumer, tidak jelas apakah menerima tawaran yang diajukan oleh Partai Republik tersebut merupakan sikap resmi partai itu.

Gedung Putih hingga berita ini diturunkan juga belum memberikan responnya terhadap proposal yang diajukan McConnell tersebut.

Sebelumnya pihak Partai Republik sudah mengatakan, Demokrat bisa memanfaatkan jeda dua minggu untuk meloloskan perpanjangan pagu utang lewat sebuah proses rumit yang disebut rekonsiliasi, namun Demokrat menganggap proses tersebut terlalu berbelit-belit dan berisiko.

McConnell mengatakan, Partai Republik bersedia memberi konsesi guna mempercepat prosesnya.

Pusat Kebijakan Bipartisan Rabu mengatakan, pembayaran asuransi pengangguran, gaji dari jutaan pekerja federal, dan pembayaran asuransi medis akan tertunda tanpa adanya peningkatan terhadap pagu utang.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.