Sentimen Pasar Berbalik, Harga Minyak Terpukul

Harga minyak terpukul oleh berbaliknya sentimen yang tiba-tiba di minggu lalu, dimana para investor melakukan aksi jual cepat pada tingkat tercepat selama empat bulan. Hal ini karena prospek ekonomi memburuk dan kekhawatiran mereda bahwa batasan harga G7 pada minyak mentah Rusia akan mengganggu ekspornya.

Para hedge fund dan manajer investasi lainnya menjual setara dengan 59 juta barel dari enam kontrak minyak berjangka dan opsi terpenting dalam seminggu hingga 15 November, pada tingkat tercepat sejak pekan yang berakhir 5 Juli. Penjualan terjadi setelah fund manager menjadi pembeli dalam lima dari enam minggu sebelumnya, membeli total 169 juta barel, menurut catatan posisi pertukaran dan regulasi.

Minggu terakhir melihat penjualan terkonsentrasi di Brent (-30 juta barel) dan NYMEX dan ICE WTI (-19 juta) dengan penjualan lebih ringan di minyak gas Eropa (-5 juta), bensin AS (-4 juta) dan diesel AS (- 4 juta).

Investor terus mengakumulasi posisi beli bullish dalam minyak bumi, terutama minyak mentah, mengharapkan penurunan produksi OPEC⁺ dan batas harga untuk mengurangi pasokan lebih dari perlambatan ekonomi mengurangi permintaan. Tapi kepercayaan itu rusak pekan lalu karena prospek ekonomi di seluruh Eropa dan Asia memburuk sementara para pedagang menjadi yakin bahwa pembatasan itu akan berdampak kecil pada pasokan minyak karena meluasnya penghindaran dan penghindaran.

Pada saat yang sama, China bergulat dengan wabah kasus virus corona terbesar selama enam bulan, tanpa ada tanda-tanda akan segera keluar dari siklus penguncian, yang akan terus menekan konsumsi minyak. Akibatnya, harga berjangka Brent dan spread kalender mundur karena para pedagang bersiap untuk pendaratan yang relatif sulit bagi ekonomi global yang kemungkinan akan memangkas konsumsi minyak secara absolut atau setidaknya relatif terhadap tren sebelumnya.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.