Sentimen Pasar, Seberapa Besar Pengaruh Terhadap Pergerakan Harga

Sentimen pasar adalah hal penting yang wajib dipahami oleh seorang trader. Karena pasar tidak akan mengikuti apa yang Anda inginkan. Justru traderlah yang harus menanggapi apa yang terjadi di pasar. Sentimen ini penggerak harga yang begitu kuat sehingga dapat mempengaruhi arah dan pergerakan harga.

Umumnya yang terlihat, faktor sentimen inilah yang mempengaruhi pergerakan harga. Sudah menjadi kepastian jika sentimen negatif maka akan pasar melemah dan harga turun, sebaliknya sentimen yang positif akan memperkuat pergerakan harga.

Bagaimana menanggapi kedua sentimen tersebut?

Secara garis besar, menanggapi sentimen yang positif ataupun negatif sebenarnya sama saja. Jika ada faktor yang mendominasi dan membentuk sentimen bearish atau bullish, maka trader harus segera mengantisipasi kenaikan dan penurunan harga. Trader dituntut untuk secepatnya melakukan aksi yang sesuai, bisa berupa profit taking, hedging, atau open sell atau open sesuai dengan sentimen yg terjadi.

Kesimpulannya, sentimen pasar merupakan satu kesatuan yang tidak dapat diacuhkan, karena pergerakan harga terjadi atas bagaiman pasar menanggapi faktor yang muncul di lantai bursa perdagangan. Seorang investor, dengan kemampuan menganalisanya menjadikan sentimen sebagai salah satu cara mengambil profit dari sentimen yang ada. Sentimen ini dihasilkan oleh berbagai faktor, diantaranya faktor fundamental, teknikal, data ekonomi, kondisi geopolitik dan geo-ekonomi..

Seiring waktu Anda menekuni dan menyelami dunia perdagangan berjangka, maka akan membuat Anda mengetahui, memahami hingga mengambil keputusan trading. Pengalaman tidak akan pernah membohongi kematangan trading Anda.

Selamat Trading!

Baca Juga: Analisa Sentimen Pasar: Pengertian Dan Pengaruh Terhadap Pasar

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Neraca Perdagangan Cina Kembali Mengesankan Di April

Sektor perdagangan China kembali bukukan performa mengesankan pada April, dengan sektor ekspor tak disangka mencatat kenaikan sementara impor mencapai level tertinggi satu dekade. Sehingga, mendorong pereekonomian terbesar kedua di dunia itu.

Bursa Eropa Di Buka Memerah Ikuti Wall Street

Bursa Eropa di buka memerah juga mengikuti memerahnya bursa Asia dan Wall Street. Memerahnya bursa Wall Street karena ancaman meningkatnya inflasi yang membuat terjadinya...

Jajak Pendapat AP-NORC: Popularitas Biden Konsisten

Jajak pendapat oleh AP-NORC menunjukkan optimisme orang Amerika secara keseluruhan semakin meningkat mengenai keadaan negara mereka. Lima puluh empat persen mengatakan negara itu berada di...

Harga Minyak Naik Dibayangi Kekhawatiran Permintaan

JAVAFX - Meskipun minyak mengalami kenaikan yang signifikan selama beberapa minggu terakhir, ketidakpastian permintaan terus mempengaruhi harga. Merebaknya gelombang kedua virus Covid-19 baru di...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502