Sepi Sentimen, Harga Minyak Stabil

0
50
Oil rig in the gulf from aerial view

JAVAFX – Tidak banyak rilis ekonomi penting saat ini; karenanya, fokus pasar akan terus berada pada perkembangan virus, pembatasan untuk memuat virus dan respons kebijakan untuk mengatasi dampak ekonomi.

Di Eropa, para pemimpin sedang mendiskusikan cara-cara untuk mendukung negara-negara Eropa yang paling terpukul, seperti Italia dan Spanyol, menjelang pertemuan Eurogroup. Proposal berkisar dari penerbitan utang umum seperti obligasi Corona hingga menyiapkan dana dukungan coronavirus UE. Waspadai sinyal dari para pemimpin Eropa, terutama pihak Jerman dan Prancis.

Di AS, klaim pengangguran mingguan dirilis. Menurut konsensus di antara para ekonom, catatan menyedihkan dari minggu lalu akan segera dikalahkan, karena para ekonom mengharapkan lonjakan aplikasi 3,5 juta lainnya untuk tunjangan pengangguran pekan lalu. Bahkan, mengingat ketepatan waktu laporan ini, sekarang lebih menarik daripada laporan pekerjaan yang akan dirilis besok. Kemungkinan akan terus melihat PHK dalam beberapa minggu mendatang, sementara ekonomi AS tetap terkunci dan karenanya laporan pekerjaan untuk April akan sangat negatif. Jika klaim telah meningkat sebesar 3,5 juta, laporan pekerjaan April akan menunjukkan penurunan lapangan kerja minimal 7 juta tetapi, sayangnya, mungkin lebih.

Semalam, data PMI Caixin Tiongkok untuk sektor jasa di bulan Maret dirilis. Cetak resmi awal pekan ini menunjukkan rebound di indeks menjadi 52,3 dari cetak mengerikan 29,6 bulan lalu. Namun, konsensus pasar lebih waspada memprediksi hanya rebound ke 39 untuk nomor Caixin besok pagi.

Di pasar minyak, pemerintah AS meningkatkan tekanan pada Rusia dan Saudi untuk mengakhiri perang harga minyak dan sinyal dari dua produsen penting untuk pasar minyak dalam waktu dekat.

Pasar ekuitas AS terus berada di bawah tekanan di balik efek negatif dari coronavirus. Semakin banyak tanda-tanda bahwa dampak negatif akan sangat besar. Jika itu masalahnya, penerbitan kas AS akan meningkat secara signifikan.

Federal Reserve melonggarkan beberapa peraturan perbankan untuk mendukung pinjaman kepada rumah tangga dan korporasi. Namun, meskipun kerugian terlihat di pasar ekuitas AS kemarin, hanya ada sedikit kerugian di pasar ekuitas Asia dan ekuitas berjangka AS naik sekitar 1,3-1,5% dalam jam perdagangan Tokyo pagi ini.

Harga minyak stabil karena ekspektasi gencatan senjata antara Rusia dan Arab Saudi meningkat.