Sidang Penyelidikan Serangan 6 Januari: Penasihat Desak Trump Rilis Pernyataan untuk Bubarkan Perusuh

Mantan penasihat Gedung Putih era Trump, Pat Cipollone, mengatakan dirinya mendukung dikeluarkannya tanggapan “langsung dan kuat” dari mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump kepada massa yang berkumpul di luar gedung Kongres AS pada 6 Januari 2021 dan telah mendorong sang presiden untuk mengeluarkan pernyataan.

Komite DPR AS yang menyelidiki serangan ke gedung Kongres hari itu memainkan rekaman video wawancara dengan Cipollone pada sidang dengar pendapat pada Kamis (21/7) yang ditayangkan pada jam prime-time televisi.

Dalam wawancaranya, Cipollone mengatakan, “Saya secara umum dapat mengatakan bahwa saya bilang bahwa massa perlu diberi tahu, perlu ada pengumuman publik secepatnya bahwa massa harus meninggalkan gedung Kongres.” Ia mengatakan, Trump bisa saja mengeluarkan pernyataan dari ruang konferensi pers Gedung Putih, tapi Trump tidak melakukannya.

Apa yang dilakukan Donald Trump di Gedung Putih selagi massa perusuh menggeruduk gedung Kongres AS pada 6 Januari 2021? Menurut salah seorang anggota komite, Trump berada di ruang makan Gedung Putih, menghadap ke televisi yang menyiarkan saluran Fox News, selama lebih dari 2,5 jam.

Anggota DPR Partai Demokrat perwakilan Virginia, Elaine Luria, mengatakan bahwa tidak ada catatan resmi apakah Trump menelepon atau menerima telepon sepanjang siang itu dan tidak ada foto dirinya sampai setelah ia muncul di Rose Garden di atas jam empat sore.

Luria mengatakan, terlepas dari kurangnya catatan resmi, komite itu telah mengetahui apa yang dilakukan Trump hari itu.

Komite memainkan cuplikan rekaman wawancara yang dilakukan dengan mantan staf keamanan nasional Gedung Putih.

Staf itu, yang suaranya disamarkan untuk menyembunyikan identitasnya, mengatakan para pejabat Gedung Putih “dalam keadaan terkejut” atas apa yang terjadi di gedung Kongres pada 6 Januari.

Luria mengatakan, Trump “tidak menelepon untuk memberikan perintah.

Dia tidak menelpon untuk menawarkan bantuan.”

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.