Sterling Diperkirakan Melemah Pada Akhir Tahun Karena Brexit dan Pandemi Corona

JAVAFX – Dalam sebuah jajak pendapat Reuters pada hari Jumat (4/9) menunjukkan bahwa Sterling akan kehilangan sebagian dari keuntungannya baru-baru ini terhadap greenback yang lebih lemah saat mendekati akhir tahun, dirugikan oleh ketidakpastian Brexit dan kekhawatiran seputar pandemi virus corona.

Pound telah mencapai tertinggi dalam delapan bulan terhadap greenback pada hari Selasa lalu di atas $1,34 tetapi sejak itu telah turun lebih rendah setelah pembuat kebijakan Bank of England (BOE) memperingatkan bahwa ekonomi Inggris dapat mengalami kerusakan lebih dari yang diantisipasi.

Inggris telah menderita jumlah kematian tertinggi akibat Covid-19 di Eropa dan tindakan penguncian yang diberlakukan untuk mencoba menghentikan penyebaran virus lebih lanjut berarti ekonomi berkontraksi rekor 20,4% pada kuartal terakhir.

Wakil Gubernur BoE Dave Ramsden Tingkat output ekonomi Inggris secara permanen akan menjadi sekitar 1,5 poin persentase lebih rendah daripada jika tidak terjadi pandemi dan memperingatkan jumlahnya bisa lebih tinggi.

Untuk mendukung perekonomian, seperti banyak rekan globalnya, bank sentral telah memangkas biaya pinjaman ke rekor terendah dan meningkatkan pembelian obligasi.

Di sisi sebaliknya, Federal Reserve AS telah mengisyaratkan kesediaannya untuk mempertahankan suku bunga rendah untuk jangka waktu yang lama, melemahkan prospek dolar.

3 Polling Reuters terhadap lebih dari 60 ahli strategi valuta asing, pound akan diperdagangkan pada level $1,31 dalam sebulan dibandingkan dengan $1,33 yang melayang dekat pada hari Kamis kemarin dan akan kembali pada level $1,34 dalam setahun. Itu lebih tinggi dari perkiraan rata-rata $1,31 dalam jajak pendapat di bulan Agustus tetapi menyoroti ketidakpastian kisaran perkiraan 12 bulan itu lebar, mulai dari yang terendah $1,20 hingga $ 1,47.

Inggris berada di bawah tekanan dari semua sisi Brexit, Covid-19 dan arus keluar modal struktural. Namun, GBP tetap undervalued, ekuitas Inggris sangat underweight, dan skenario utama kami pada akhirnya adalah perjanjian perdagangan terbatas pada jam ke-11 dengan UE.

Bersamaan dengan upaya untuk pulih dari kerusakan akibat pandemi, Inggris menghadapi tantangan tambahan untuk mencoba menyetujui kesepakatan perdagangan dengan Uni Eropa sebelum masa transisi setelah keluarnya dari blok tersebut pada akhir tahun ini.

Jajak pendapat Reuters berturut-turut mengatakan kesepakatan akan dicapai tetapi pembicaraan telah terpecah dan sedikit kemajuan telah dibuat sehingga pada akhir November, sebulan sebelum masa transisi berakhir, sterling akan turun pada $1,30, jajak pendapat menunjukkan.

Terhadap euro (EURGBP =), diperkirakan akan terjadi sedikit pergerakan. Satu euro bernilai sekitar 89,0 pence pada hari Kamis, dan jajak pendapat menyarankan itu akan bernilai 90,0p dalam sebulan dan 89,0p lagi dalam setahun.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Twitter Tutup Akun yang Bagikan Pernyataan Trump

Twitter Inc minggu ini menangguhkan sejumlah akun yang dibuat untuk membagikan pernyataan dari bagian baru situs web mantan Presiden AS Donald Trump. Perusahaan itu mengatakan...

Harga Emas Stabil, Investor Menunggu Data Lanjutan

JAVAFX - Harga emas relatif stabil pada perdagangan di hari Selasa (11/05/2021) disaat ada penurunan dalam imbal hasil Obligasi AS yang membalas sedikit penguatan...

Pertemuan BoE Hari Ini Jadi Fokus Pasar Sebelum NFP

Pengumuman kebijakan bank sentral Inggris (Bank of Englans) hari Kamis merupakan focus utama pasar selain laporan data tenaga kerja yang akan dirilis hari Jumat....

Jajak Pendapat AP-NORC: Popularitas Biden Konsisten

Jajak pendapat oleh AP-NORC menunjukkan optimisme orang Amerika secara keseluruhan semakin meningkat mengenai keadaan negara mereka. Lima puluh empat persen mengatakan negara itu berada di...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502