Stimulus The Fed Meredakan Ketakutan Pasar Global

JAVAFX – Investor di berbagai pasar sedikit bisa menghembuskan napas lega, sehari setelah Federal Reserve meluncurkan langkah-langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya yang bertujuan untuk meningkatkan likuiditas dan meningkatkan kepercayaan investor dalam menghadapi pandemi corona yang menyebar ke seluruh dunia.

Ketika ekuitas meroket lebih tinggi di seluruh dunia, serangkaian perusahaan kelas investasi memanfaatkan pasar utang yang berfungsi lebih baik ketika sangat dibutuhkan setelah langkah-langkah The Fed membantu mengurangi kebuntuan yang membekukan pasar kredit.

Gold Trading

Tingkat di mana perusahaan dapat meminjam pinjaman jangka pendek bermutu tinggi sebagian besar mengalami penurunan, sementara suku bunga kertas kelas rendah terus meningkat dan yang lain menurun sedikit, menurut data Fed.

Dolar AS sedikit lebih rendah terhadap berbagai mata uang, sementara hasil Treasury naik, tanda bahwa kekhawatiran investor telah berkurang, setidaknya untuk saat ini. Sementara itu, Dow Jones Industrial Average menandai kenaikan satu hari terbaik sejak 1933.

Hanya sedikit yang percaya bahwa pasar telah melihat serangan jual terakhir yang hebat dan angan-angan yang membanjiri mereka selama aksi jual selama sebulan yang telah menghantam segalanya mulai dari ekuitas hingga minyak. Namun tanda potensial bahwa investor memberikan setidaknya cap persetujuan sementara untuk intervensi The Fed yang belum pernah terjadi sebelumnya dari minggu lalu dan potensi $2 triliun dalam stimulus fiskal dari pemerintah.

Janji stimulus fiskal sebagai tambahan terhadap apa yang telah dilakukan The Fed mendorong para investor bahwa kita tidak harus melalui ini sendiria. Ini memberi tahu kita bahwa pemerintah akan memastikan pipa keuangan berfungsi dan berjalan dengan baik.

Di antara tanda-tanda lain dari ketegangan yang mereda, harga pada credit default swaps turun, menunjukkan bahwa kekhawatiran tentang kebangkrutan perusahaan mulai mereda. Penyebaran indeks swap kredit standar kredit investasi Markit digunakan sebagai barometer sentimen tentang pasar tingkat investasi turun sekitar 14 basis poin, dengan menunjukkan bahwa investor lebih sedikit menuntut premi risiko untuk menahan utang.

Sementara itu, ukuran utama investor premium membayar untuk akses ke dolar AS tetap dekat dengan terendah sejak 3 Maret. Ukuran itu, spread swap euro-dolar, turun menjadi 5,6 basis poin, setelah naik setinggi 86 basis poin minggu.

Anggota parlemen senior AS mengatakan mereka hampir mencapai kata sepakat pada paket stimulus ekonomi virus corona senilai $2 triliun, meningkatkan harapan bahwa Kongres AS yang terbagi dapat segera bertindak untuk mencoba membatasi dampak ekonomi pandemi.

Namun, banyak investor tetap bersiap untuk volatilitas yang lebih tinggi. Lintasan pandemi coronavirus tetap tidak menentu, sementara korban ekonomi menjadi semakin jelas.

Pengangguran AS bisa mencapai 30% dan output ekonomi kuartal kedua bisa setengah dari normal, Presiden Federal Reserve St. Louis James Bullard mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara.