Tarif Pengiriman Minyak Ke Asia Melonjak

JAVAFX – Tarif pengiriman produk minyak dari Timur Tengah ke Jepang melonjak 13% ke level tertinggi dalam hampir dua minggu setelah Washington memberlakukan sanksi pada anak perusahaan tanker COSCO China, demikian menurut sumber industri dan data Refinitiv.

Tarif untuk kapal tanker minyak mentah dan produk minyak melonjak karena pedagang menghindari kapal yang terkait dengan COSCO Shipping Tanker (Dalian) Co, Ltd, setelah sanksi diumumkan.

Indek pengiriman untuk kapal Long-Range 1 (LR1) yang dapat mengangkut 55.000 ton produk bersih dari Timur Tengah ke Jepang, juga dikenal sebagai TC5, naik di atas 107 pada hari Jumat di Worldscale (W), alat industri yang digunakan untuk menghitung biaya pengiriman, kata sumber perdagangan dan pengiriman.

“Sanksi itu mendorong Worldscale bermalam. Kapal COSCO Dalian melayani terutama AG (Arabian Gulf) ke rute perdagangan Timur Jauh, ”kata salah satu broker kapal.

Tarif pengiriman yang lebih tinggi juga mengikuti pola beli oleh Saudi Aramco yang mencari produk minyak termasuk naphtha dari India dan Eropa menyusul serangan terhadap fasilitas minyaknya yang melumpuhkan produksi.

Biaya memindahkan naphtha dengan tanker LR1 pada rute ini telah meningkat sekitar $ 100.000 per perjalanan, dua sumber memperkirakan, dengan data Refinitiv Eikon ditampilkan di W95 pada hari Rabu.

Tarif angkutan untuk kapal tanker LR1 melihat dampak lebih besar daripada kapal-kapal Jangka Panjang 2 (yang mengangkut hingga 75.000 ton produk) karena COSCO Shipping Tanker (Dalian) Co. Ltd memiliki lebih banyak LR1 daripada kapal LR2, kata broker kapal.

Meskipun demikian, setidaknya satu LR2 terpengaruh ketika pedagang Eropa Trafigura menjatuhkan tanker Lian Song Hu, yang dimiliki oleh COSCO Shipping Tanker (Dalian), untuk tanker Estia untuk memuat kargo naphtha dari Sikka, India, pada 29 September, kata broker itu.

Namun, serangan minyak Saudi pada pertengahan September memiliki dampak yang lebih besar pada nafta karena telah mengirim premi spot melonjak ke level yang tidak terlihat sejak paruh pertama 2018, kata sumber perdagangan.

“Pasokan naphtha tidak akan terlalu terpengaruh meski ada kenaikan tarif pengiriman. Bahkan jika WS berada di 111, tarif saat ini masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya, “kata seorang pembeli nafta.

Tingkat TC5 berada di W117 pada akhir Agustus sementara pada awal tahun itu di W160, data Refinitiv menunjukkan. (WK)

 

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.