Terlambat, Indeks Nikkei Berhasil Ikuti kenaikan Di Wall Street

Bursa saham Jepang ditutup menguat di sesi awal pekan berhasil mengikuti kenaikan di Wall Street setelah komentar Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell di simposium Jackson Hole meredam kekhawatiran pasar akan pengurangan stimulus era pandemi dengan cepat.

Indeks Topix reli mendekati penutupan dan ditutup di level tertinggi hari ini di 1.950,14, naik 1,11% ke level puncak lebih dari dua minggu. Indeks Nikkei naik 0,54% menjadi 27.789,29, tetapi turun dari level tertinggi 27.921,55 yang dicapai di awal hari perdagangan.

Di tengah perjuangan untuk menahan gelombang kelima infeksi COVID-19 Jepang dihadapkan dengan persiapan pemilihan kepemimpinan partai yang berkuasa bulan depan. Para pelaku pasar tampaknya telah mengadopsi sikap wait and see sebelum mencoba mendorong indeks untuk terus menguat.

Sementara itu, data pekerjaan bulanan AS di Jumat ini juga menjadi hal penting dalam menentukan seberapa cepat The Fed dapat memangkas stimulus. Di mana sebelumnya pada hari Jumat, Powell tampaknya memberikan nada yang lebih dovish daripada banyak pejabat Fed lainnya, menahan diri untuk tidak memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai waktu penurunan atau kenaikan suku bunga, sehingga mendorong S&P 500 dan Nasdaq ke puncak.

Reli komoditas menempatkan sub-sektor terkait komoditas domestik di dua dari tiga tempat teratas di indeks Topix, dipimpin oleh kenaikan 4,28% untuk perusahaan besi dan baja Jepang. Nippon Steel adalah pemenang terbesar di Nikkei, melonjak 5,27%, diikuti oleh kenaikan 5,25% di Dowa Holdings. JFE Holdings naik 4,92% dan Kobe Steel bertambah 4,7%.

Sub-sektor transportasi laut mencatat posisi di antara yang berkinerja terbaik kedua, naik 3,45% dan mencapai level tertinggi sejak 2008. Saham perkapalan Mitsui OSK Lines catat kenaikan terbesar ketiga, naik 5,1%.

Di antara saham yang mencatat penurunan, pengelola Uniqlo Fast Retailing merosot 2,04% dan mencatat kinerja terburuk di Nikkei, sementara SoftBank Group turun 0,47%.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.