Timur Tengah Memanas, Pemimpin Tertinggi Iran Serukan Amerika Angkat Kaki Dari Irak Dan Suriah

JAVAFX – Dikutip dari Reuters hari Senin, di kabarkan bahwa Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei pada hari Minggu mengatakan Amerika akan diusir dari Irak dan Suriah. Perkataannya itu memperbaharui perminraan Irak untuk pasukan AS agar ditarik dari Timur Tengah.

Iran hamper mengalami konflik besar dengan AS Ketika serangan pesawat tak berawak menewaskan komandan militer Garda Revolusi Iran, Qassem Soleimani di Baghdad pada awal Januari. Kejadian tersebut mendorong Teheran melakukan serangan balasan terhadap pangkalan militer AS di Irak.

Gold Trading

Khamenei mengatakan Tindakan Amerika di Afganistan, Irak dan Suriah telah menyebabkan mereka di benci. “Amerika tidak akan tinggal di Irak dan Suriah dan akan diusir,” kata Khamenei menurut transkip pidato yang dipublikasikan di webnya.

Bulan lalu, Presiden AS Donald Trump mengatakan ia telah menginstruksikan Angkatan Laut AS untuk menembaki setiap kapal Iran yang melecehkannya di laut, tetapi mengatakan kemudian ia tidak mengubah aturan keterlibatan militer. Setelah pernyataan Trump, kepala Pengawal Revolusi elit Iran, Mayor Jenderal Hossein Salami, mengatakan bahwa Republik Islam akan menghancurkan kapal perang AS jika keamanannya terancam di Teluk.

Munculnya berita ini bisa jadi tambahan sentiment resiko di pasar keuangan yang sebelumnya sudah kembali dipanaskan dengan isu pertikaian AS dan China.