Tingkat Inflasi Tahunan Inggris Turun 10,1%

0
77

Tingkat inflasi harga konsumen Inggris turun lebih tajam dari yang diharapkan pada bulan November (yoy) menjadi 10,7%, tergelincir dari tertinggi 41 tahun Oktober sebesar 11,1%, angka resmi menunjukkan pada hari Rabu. laporan inflasi hari ini menunjukan angka penurunan dari sebelumnya dibulan Oktober yang juga mencatatkan inflasi konsumen Inggris tertinggi dalam 40 tahun terakhir. 

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan bahwa tingkat CPI akan turun menjadi 10,9%, namun aktualnya turun dibawah yang diperkirakan. 

CPI Inti – yang tidak termasuk harga energi, makanan, alkohol dan tembakau, dan yang menurut beberapa ekonom memberikan indikasi yang lebih baik untuk tren harga jangka panjang – turun menjadi 6,3% di bulan November, turun dari pembacaan bulan Oktober sebesar 6,5%.

Laporan data inflasi ini tidak membebani poundsterling karena saat ini mata uang pound sedang menguat terhadap dolar AS, imbas dari penurunan inflasi AS yang dirilis hari sebelumnya. Pasangan mata uang GBPUSD Rabu sore berada di posisi 1.23500an dan diprediksi bergerak terbatas karena menunggu hasil pengumuman suku bunga Fed nanti malam.