Tingkat Pengangguran AS Meningkat Sedikit Cukup Buat Harga Emas Naik

JAVAFX – Emas naik pada hari Jumat (02/07/2021), naik lebih jauh dari palung dua bulan yang dicapai awal pekan ini, karena dolar melemah dan investor mempertimbangkan prospek pengetatan Federal Reserve AS setelah laporan pekerjaan AS yang kuat yang tetap menunjukkan sedikit peningkatan dalam tingkat pengangguran.

Pada perdagangan di pasar spot, harga emas naik 0,4% menjadi $1.784,21 per ounce menjelang penutupan perdagangan diakhir pekan. Harga melonjak hingga ke $1.794,86, sebagai level tertinggi sejak 18 Juni. Di perdagangan emas berjangka AS, harga berakhir naik 0,4% pada $1.783,30.

Data ekonomi terkini AS menunjukkan angka non-farm payrolls AS meningkat lebih besar dari perkiraan 850.000 pada bulan Juni, meskipun tingkat pengangguran naik menjadi 5,9% dari 5,8% pada bulan sebelumnya.

Pejabat Fed AS baru-baru ini menyarankan bahwa bank sentral harus mulai mengurangi pembelian asetnya tahun ini. Namun diyakini bahwa data itu tidak mungkin memicu serbuan The Fed untuk melonggarkan stimulus atau memulai kenaikan suku bunga. Dia menambahkan bahwa emas juga menemukan beberapa dukungan karena banyak analis memperkirakan kejutan kenaikan yang lebih besar pada data.

Patokan imbal hasil Treasury AS dan dolar jatuh setelah laporan tersebut, mendukung emas karena imbal hasil yang lebih rendah mengurangi biaya peluangnya.

Perhatian pasar tertuju pada perkembangan corona Delta yang telah mendorong beberapa negara di Asia dan Eropa untuk mundur dari rencana pembukaan kembali. Kekhawatiran ini, dan tingkat vaksinasi yang lebih rendah di beberapa bagian Amerika Serikat, dapat meyakinkan beberapa investor bahwa Fed akan berhati-hati dalam menaikkan suku bunga, mendukung emas dalam jangka panjang.

Setidaknya dalam waktu dekat, emas akan menghadapi resistensi di sekitar $1.790 dan kemungkinan akan menginjak air sampai kita melihat beberapa data ekonomi yang lebih lemah dari perkiraan.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.