Trading Fibonacci, Analisis Pada Grafik Jangka Panjang

Menerapkan Fibonacci Retracements Pada Grafik Jangka Panjang

Sering sekali para trader tetap menggunakan kerangka waktu yang terkait dengan strategi mereka masing-masing. Misalnya, trader jangka pendek sering kali hanya menganalisis kerangka waktu jangka pendek.

Tapi, seperti yang dibahas dalam artikel tentang Fibonacci dan analisis kerangka waktu ganda sebelumnya, trader dapat memperoleh perspektif yang lebih besar dengan melihat gambaran yang lebih besar, menggunakan grafik beberapa kerangka waktu untuk melakukan analisis mereka. Fibonacci retracements yang diterapkan pada beberapa kerangka waktu dapat membantu memberikan perspektif tambahan pada analisis trader.

Poin Pembicaraan:

  • Manfaat menggunakan Fibonacci pada Grafik Jangka Panjang
  • Bagaimana menerapkan Fibonacci Pada Grafik Jangka Panjang
  • Fibonacci pada Grafik Jangka Panjang: Ringkasan

Manfaat Menggunakan Fibonacci Pada Grafik Jangka Panjang

Memanfaatkan grafik jangka panjang untuk serangkaian awal level Fibonacci memungkinkan trader untuk menemukan level utama sesuai dengan urutan Fibonacci; dan ini mungkin memiliki nilai bahkan pada grafik jangka pendek atau dalam strategi jangka pendek. Ini bisa berlaku untuk kerangka waktu apa pun, tetapi nilai di balik permulaan pada grafik jangka panjang menunjukkan signifikansi statistik dari ukuran sampel yang lebih besar yang telah mengambil alih kumpulan data yang lebih kuat yang hanya dapat ditawarkan oleh waktu.

Level kunci yang terindikasi oleh Fibonacci pada grafik jangka panjang dapat memberikan trader jangka pendek level yang sangat penting yang tidak akan diidentifikasi hanya dengan menggunakan kerangka waktu jangka pendek. Setelah ditetapkan, level horizontal utama ini akan berfungsi sebagai zona support dan resistance terlepas dari gaya perdagangan.

Bagaimana Menerapkan Fibonacci Pada Bagan Jangka Panjang

Indeks Dolar AS (DXY) yang dicontohkan di bawah ini menggambarkan bagaimana Fibonacci retracement jangka panjang dapat digunakan untuk menganalisa menggunakan kerangka waktu yang lebih pendek. Di bawah ini sebuah pergerakan besar teridentifikasi, mengambil titik terendah di 2011 dan ditarik naik ke level tertinggi pada Januari 2017. Di sini, baik level tinggi maupun rendah belum diperdagangkan, mempertahankan kelangsungan penggunaan Fibonacci retracement berasal dari langkah besar ini. Fibonacci retracement hanya diterapkan dengan menarik garis dari awal pergerakan hingga akhir, diterapkan pada grafik bulanan yang ditunjukkan di bawah ini.

Grafik bulanan Indeks Dolar AS (DXY) (2009-2020):

Mungkin Anda memperhatikan beberapa infleksi yang sangat jelas pada level retracement 50% dan 38,2%. Dan yang pasti, pengamatan seperti itu bisa menjadi nilai bagi para trader. Tetapi contoh-contoh ini lebih berkaitan dengan penerapan Fibonacci di pasar yang sedang tren. Hanya saja, dalam hal ini, kita sedang melihat tren jangka panjang. Pada grafik di bawah ini, sejumlah infleksi utama, yang disorot, diambil dari grafik mingguan.

Grafik Mingguan Indeks Dollar (DXY) (2015-2020):

Pada grafik di atas, perhatikan bagaimana infleksi yang ditandai dengan kotak biru atau merah menyebabkan pergerakan yang berlangsung selama berminggu-minggu dan, dalam beberapa kasus, sampai berbulan-bulan kemudian. Infleksi besar pertama, pada awal 2018 setelah pergerakan besar itu selesai, menandai perubahan tren penuh karena tren bullish yang sebelumnya mengancam sebagian besar terhapus dalam dua tahun setelah penanda 50% itu diuji.

Retracement 23,6% segera menjadi resistance, ditunjukkan oleh kotak merah di atas; dan infleksi itu membantu membalikkan tren yang baru saja melonjak ke level tertinggi baru tahunan. Pembalikan itu berlangsung sedikit lebih dari sebulan sampai, akhirnya, pembeli melangkah kembali untuk akhirnya mendorong harga kembali di atas level itu; setelah itu titik 23,6% dimasukkan sebagai support.

Level yang sama itu terlibat kembali dengan kurang dari dua tahun kemudian, saat USD turun setelah kenaikan tajam pada Maret 2020; dan ini hanyalah lonjakan kecil karena penjual terus mendorong sampai, akhirnya, retracement 38,2% muncul.

Untuk trader yang hanya mengikuti grafik mingguan, atau dengan kerangka waktu yang lebih pendek – mereka mungkin tidak tahu bahwa pergerakan ini juga level ini terjadi. Tetapi bagi trader yang memanfaatkan potensi grafik jangka panjang pada analisis mereka, dengan alat seperti Fibonacci retracements, perspektif itu bisa memungkinkan beberapa titik data yang sangat menarik yang dapat dimasukkan ke dalam strategi.

Grafik Jangka Panjang Fibonacion: Ringkasan

Strategi yang diterapkan di atas benar-benar menyampaikan sebuah pendekatan sederhana untuk mengeksekusi Fibonacci pada grafik jangka panjang. Dengan membedakan kerangka waktu dapat digunakan pada pasar yang berbeda. Tidak ada pedoman konkret tentang bagaimana hal ini harus diimplementasikan. Kesimpulan dari strategi ini adalah pentingnya menggunakan gambaran yang lebih besar untuk menghasilkan tampilan yang lebih lengkap. Ini hanyalah salah satu metode yang dapat digunakan sebagai bagian dari strategi yang lebih besar dalam hubungannya dengan indikator teknis lainnya atau teknik aksi harga.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.