Trump Dapat Kritikan Keras Atas Keputusannya di Suriah

JAVAFX – Pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan para pemimpin kongres di Gedung Putih untuk membahas situasi keadaan perpecahaan yang terjadi di Turki dan Suriah.

Ketua DPR Nancy Pelosi mengatakan Trump tampaknya “terguncang” oleh fakta bahwa 129 anggota parlemen Republik memberikan suara pada hari sebelumnya untuk memberikan resolusi yang menegur presiden karena menarik pasukan AS dari Suriah.

Pemimpin Senat Demokrat Chuck Schumer mengatakan Trump, yang telah mendapat kritikan keras bahkan dari sekutu atas keputusannya di Suriah, menyebut Pelosi “seorang politisi kelas tiga” dan melemparkan penghinaan lain “kecaman jahat”.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump sebelumnya membela diri terhadap tuduhan bahwa ia telah memberi lampu hijau untuk serangan Suriah di Turki, mengutip surat kepada pemimpin Turki Recep Tayyip Erdogan, yang mendesaknya untuk tidak menjadi “pria tangguh” atau “orang bodoh”.

Pemimpin Partai Republik Kevin McCarthy mengatakan pertemuan itu memanas di kedua sisi. Meskipun ia tidak membantah karakterisasi Schumer tentang apa yang dikatakan Trump tentang Pelosi, ia menyebut perilaku pembicara adalah “tidak pantas”.

Dalam pertemuan itu termasuk para pemimpin kongres dari kedua partai serta ketua dan anggota senior komite utama dengan pengawasan urusan luar negeri dan militer. Beberapa anggota Demokrat lainnya yang berada di pertemuan tetap tinggal setelah Pelosi dan Schumer pergi.

Trump menghadapi kritik tajam dari anggota parlemen di seluruh spektrum politik untuk langkahnya yang tiba-tiba pada minggu lalu untuk memungkinkan Turki melanjutkan operasi militer di Suriah utara dan menarik pasukan Amerika dari daerah itu. Penarikan itu membuat para pejuang Kurdi terpapar yang telah berperang selama beberapa tahun bersama pasukan Amerika melawan Negara Islam dan sekarang sedang diserang oleh militer Turki.

DPR pada hari Rabu meloloskan resolusi bipartisan menegur Trump untuk keputusan itu. Beberapa sekutu terdekat Trump di Senat juga mengecam tindakan tersebut. Senator Republik Lindsey Graham dari South Carolina menyebut keputusan presiden itu sebagai “bencana keamanan nasional yang sedang terjadi”.

Trump menegaskan AS seharusnya tidak terlibat dalam konflik diantara Turki dan Suriah. Trump bersikeras bahwa surat yang dia tulis kepada Erdogan adalah bukti bahwa dia tidak memberikan “lampu hijau” untuk serangannya ke Suriah.

Dalam dokumen itu, Trump mengatakan kepada Erdogan untuk “bekerja dengan baik!”, Memperingatkannya untuk tidak menjadi “pria tangguh” atau “bodoh”.

Trump mengatakan kepada Erdogan dalam surat itu: “Anda tidak ingin bertanggung jawab atas pembantaian ribuan orang dan saya tidak ingin bertanggung jawab atas kehancuran ekonomi Turki dan saya akan melakukannya. Saya sudah memberi Anda sedikit pandangan sehubungan dengan Pastor Brunson.”

Brunson dibebaskan dari penjara di Turki pada 2018 setelah Trump menggandakan tarif logam di Turki, memicu melemahnya lira dan memberlakukan sanksi keuangan pada pembantu Erdogan utama yang terlibat dalam kasus pendeta. Brunson dituduh berkolaborasi dengan kelompok-kelompok teroris dan mengambil bagian dalam upaya kudeta 2016 di Turki, tuduhan yang sangat ia bantah.

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

4 Fundamental Penting Bagi Harga Minyak Di 2021

JAVAFX - Sejak April hingga Desember 2020, harga minyak bergerak bak rollercoaster dengan bentangan harga $40-50 per barel. Ini belum pernah terjadi sebelumnya, dimana...

Setelah Turun Secara Dramatis, Indikasi Kenaikan Harga Emas Masih Solid

JAVAFX - Pada perdagangan diakhir pekan, Jumat (08/01/2021) harga emas mengalami penurunan sebesar $ 66 yang dramatis dan membawa harga emas di bawah rata-rata...

Prospek Emas Makin Cerah Di Era Joe Biden

JAVAFX - Seperti Tesla, Emas telah mengalami tahun 2020 yang legendaris. Emas mencapai tertinggi sepanjang masa hanya sedikit di bawah angka $ 2.080 per...

Presiden Turki Erdogan disuntik vaksin COVID-19 Sinovac

Presiden Turki Tayyip Erdogan menerima vaksin COVID-19 di depan kamera TV pada hari Kamis (14/1), sebuah langkah yang menurut juru bicara Partai AK-nya bertujuan...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502