Trump Ingatkan Iran, Lebih Baik Hati-hati

JAVAFX – “Lebih baik hati-hati” demikian Donald Trump memperingatkan Iran setelah Teheran berjanji untuk meningkatkan pengayaan uranium. Pernyataan ini dikeluarkan beberapa jam setelah Teheran menyampaikan akan meningkatkan pengkayaan uraniumnya di atas batas yang ditetapkan oleh pakta nuklir 2015 dengan Barat. Menurut Trump, ini merupakan “kesepakatan terburuk yang pernah ada”.

Gold Trading

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengancam akan menjatuhkan sanksi lebih banyak sebagai tanggapan atas dugaan pelanggarannya. “Perluasan program nuklir terbaru Iran akan mengarah pada isolasi dan sanksi lebih lanjut,” kata diplomat top AS di Twitter.

Republik Islam itu juga mengancam akan meninggalkan lebih banyak komitmennya kecuali jika ada solusi ditemukan dengan pihak-pihak dalam perjanjian tengara 2015. Kesepakatan itu melihat Iran berkomitmen untuk tidak membeli bom atom, yang dibantah oleh Teheran.

Penarikan Trump secara sepihak dari kesepakatan pada 8 Mei 2018 – dan sanksi berikutnya – telah mencabut Iran dari manfaat ekonomi yang diharapkannya dan menjerumuskannya ke dalam resesi.

“Negara-negara harus mengembalikan standar lama tidak ada pengayaan untuk program nuklir Iran. Rezim Iran, dipersenjatai dengan senjata nuklir, akan menimbulkan bahaya yang bahkan lebih besar bagi dunia, “tegas Pompeo. (WK)